Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Balai TNT Terus Kembangkan Wisata Alam di Kaki Gunung Tambora

Sabtu, 06 November 2021 | 5:22 AM WIB Last Updated 2021-11-05T21:22:18Z

 

   Kepala Balai TNT, Yunaidi, S. Si., M. Ap


Dompu, koranlensapos.com - Wisatawan domestik maupun mancanegara yang akan ke Gunung Tambora tidak hanya menikmati keajaiban alam kaldera akibat letusan dahsyat gunung tersebut di atas ketinggian 2.850 meter. Tetapi juga disuguhi dengan keindahan destinasi wisata yang terletak di kaki Gunung Tambora yang tidak kalah menariknya.





Agar menjadi satu paket wisata komplit yang menjadi magnet bagi wisatawan, maka Balai Taman Nasional Tambora terus melakukan pembenahan dan penataan beberapa destinasi wisata lainnya. Sebut saja antara lain Air Terjun Bidadari dan Oi Marai di Desa Kawinda To'i Kecamatan Tambora Kabupaten Bima, jalur pendakian di Doroncanga Desa Doropeti Kecamatan Dompu maupun jalur pendakian di Dusun Pancasila Desa Tambora Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu.

"Untuk pengembangan pariwisata kita mencoba mengoptimalkan sarana dan prasarana wisata alam yang ada di beberapa tempat ini," ungkap Kepala Balai TNT, Yunaidi, S. Si., M. Ap di ruang kerjanya beberapa hari lalu.

Di Oi Marai, misalnya saat ini sudah dilengkapi dengan pagar yang bagus dan aman. Sudah tersedia pula  jungle park.

"Kita juga akan bangun jembatan Kanopi di situ. Sebenarnya jembatan kanopi ini direncanakan dibangun tahun 2021 ini, tetapi karena refocusing anggaran sehingga tertunda. In sya'allah tahun 2022 ini," ujarnya.

Sedangkan di Doro Ncanga kini juga sudah dibangun akses wisata. Sebelum melakukan pendakian, wisatawan  dapat beristrahat melepaskan kepenatan dengan menyaksikan guest house (rumah adat). Bahkan ada pula sanctuary rusa sehingga pengunjung dapat melihat secara langsung dari dekat jenis rusa tambora yang jantan maupun betina.

"Ditempat ini juga dilengkapi gedung pengelola yang bisa digunakan untuk kegiatan rapat dan juga ada mushalla," tutur Yunaidi.

Sedangkan di jalur pendakian Pancasila kini juga telah tersedia coffee shop - coffee shop milik masyarakat lokal
sebagai salah satu bentuk program pemberdayaan Balai TNT kepada  masyarakat. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati rasa khas dan aroma yang mantap dari kopi tambora. (emo).


×
Berita Terbaru Update