Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

AKJ-SYAH Diharapkan Pilih Sekda Sesuai Hati Nurani, Bukan Karena Conflict of Interest

Sabtu, 31 Juli 2021 | 10:10 PM WIB Last Updated 2021-07-31T14:10:25Z

 

                              Ir. Muttakun

Dompu, koranlensapost.com - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Dompu, Ir. Muttakun mengharapkan Bupati Dompu Kader Jaelani dan Wakil Bupati H. Syahrul Parsan, ST., MT (AKJ-SYAH) agar memilih Pimpinan Jabatan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu sesuai hati nurani.

"Diharapkan AKJ-SYAH memilih Sekda sesuai hati nurani, bukan karena adanya conflict of interest" ungkap Muttakun.

Ia mengemukakan siapapun Sekda terpilih yang ditetapkan oleh Bupati Dompu Kader Jaelani maka dipastikan figur tersebutlah yang akan mengemban tugas berat membawa misi perubahan yang menjadi semangat AKJ SYAH yang disuarakan dan disampaikan dalam kampanye pilkada 2020.

Dikatakannya, melihat 3 (tiga) nama calon sekda yg diumumkan oleh pansel yang dikomandani oleh Dr. Iwan Harsono maka figur tersebut merupakan pejabat pilihan yang sulit ditebak oleh publik kemana perasaan cinta seorang Kader Jaelani akan berlabuh dan ditambatkan.

"Tiga figur itu semua memiliki kelebihan dan tentu saja saya harus menampilkan kelebihan itu. Namun menjadi hak prerogatif AKJ - SYAH untuk memilih siapa yang akan dipinang untuk menjabat Sekda yang merupakan jabatan karier tertinggi yang selalu diidam-idamkan oleh seorang pejabat ASN di lingkup pemkab Dompu.

Lebih lanjut Muttakun menyebutkan kelebihan masing-masing figur 3 (tiga) Sekda Dompu tersebut. 
Gatot Gunawan Perantauan Putra, S..KM., MM. Kes adalah pejabat karier yang cerdas dengan performance yang selalu smart. Anak mantan sekda Dompu era 80 ini (Almarhun H. Syahril Suwandi). Gatot merupakan seorang ASN yang sukses meraih karier dari staf hingga memegang jabatan Eselon II di Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu dan 3 (tiga) tahun terakhir dipercayakan memimpin Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Dompu.

Muhammad, ST., M. Si adalah pejabat karier yang cerdas dan tegas. Putra sulung dari seorang pedagang Almarhum Gasem Abdullah ini malang melintang memegang jabatan Eselon II yang dimulai dari staf di Dinas PU hingga menjadi Kasubdin Tata Kota, Kabag Penyusunan Program Setda, Kepala Kantor Pertambangan Energi dan LH, Kepala Kantor LH dan Penanaman Modal, Asisten 3, Kadis Koperindagtamben, Kepala Disperindag, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman serta Kepala BPKAD Kabupaten.Dompu

Hj. Daryati Kustilawati, SE., M. Si, adalah satu-satunya ASN perwakilan perempuan yang ikut dalam kompetisi seleksi lelang terbuka JPT Pratama Sekda. Daryati merupakan putri mantan Bupati Dompu KH. Abdurrahman Mahmud. Daryati juga pejabat karier yang cerdas dan lincah. Saat ini memimpin Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Dompu dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dompu. Sebelumnya pernah menjabat Sekretaris di Inspektorat dan Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Dompu.

Dikatakannya.semua figur tersebut memiliki prestasi masing-masing dan tentu saja sulit untuk mengatakan bahwa mereka tidak bisa membantu Bupati saat melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tatalaksana serta memberikan pelayanan administratif kepada seluruh perangkat daerah. Artinya 3 (tiga) nama calon sekda yang disodorkan oleh Pansel kepada AKJ SYAH diyakini adalah figur yang siap bekerja untuk membantu Bupati dan Wabup Dompu dalam mewujudkan Dompu MASHUR.
Memilih salah satu dari tiga figur itu merupakan hak prerogatif.AKJ-SYAH.
Ia berharap siemoga pilihan AKJ SYAH tidak diintervensi oleh siapapun hingga mempengaruhi pilihan hatinya ketika menentukan seseorang yang akan membantu cita-citanya mewujudkan perubahan bagi Dompu yang lebih baik.

"Titip harapan kepada siapapun yang terpilih. Bahwa kami merindukan seorang sekda yang bisa membaca semangat AKJ SYAH yang tulus ingin membangun Dompu yang lebih baik," harapnya.

Dijelaskan Muttakun, Bupati AKJ memang tidak memiliki pengalaman dalam pemerintahan, namun ketika Sekda yang dipilihnya sesuai hati nurani tersebut benar-benar mampu menjabarkan niatnya yang ikhlas dan semangat yang tulus untuk membangun Dompu, maka dapat diyakini dapat membawa perubahan Dompu yang lebih baik. 

"Begitu penting dan strategisnya seorang sekda karena akan menentukan sukses dan gagalnya pemerintahan AKJ-SYAH," jelasnya sembari berharap semoga AKJ SYAH memilih berdasarkan hati nurani tanpa campur tangan dari pihak manapun," ucapnya.

Menurutnya, bila ada intervensi dan tekanan dari pihak lain sehingga AKJ-SYAH memilih tidak sesuai hati nurani, maka itulah awal kehancuran pemerintahan AKJ SYAH. Karena itu, AKJ SYAH harus berani memilih sesuai hati nurani.

"Do'a kami semoga Dompu MASHUR mampu diwujudkan minimal mampu dibuatkan peta jalannya oleh AKJ SYAH yang dibantu oleh Sekda sesuai pilihan hati nurani," tandasnya. (emo).
×
Berita Terbaru Update