Polres Karanganyar Latih Tenaga Tracer Mandiri Senkom MP

Kategori Berita

.

Polres Karanganyar Latih Tenaga Tracer Mandiri Senkom MP

Koran lensa pos
Rabu, 23 Juni 2021

Koranlensapost.com - Polres Karanganyar, Selasa (22/6/2021) melatih tenaga tracer Covid-19 dari Senkom Mitra Polri Kabupaten Karanganyar.


Kegiatan dimaksud dalam rangka mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Karanganyar sebagai tindak lanjut pelatihan Tracer Covid 19 yang diselenggarakan Dirbinmas Polda Jateng. 
Pelatihan digelar  secara luring di Aula Wira Pratama 1 Polres Karanganyar. Kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh 690 anggota di 17 kecamatan se-Kabupaten Karanganyar.

Pelatihan dibuka oleh Wakapolres Karanganyar, Kompol Purbo Adjar Waskito mewakili Kapolres Karanganyar AKBP Muchammad Syafi’ Maulla., S.I.K., M.H. dan dihadiri Kasat Binmas AKP Lukman Tri Novianto beserta Pejabat Utama Polres Karanganyar. Narasumber juga dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar.

Kapolres Karanganyar dalam pesannya menyampaikan pentingnya community police untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di masyarakat. Di Masa pandemi ini, peran aktif masyarakat bersama Babinkamtibmas penting untuk memutus dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kuasai materi pelatihan, sehingga memiliki kemampuan yang handal untuk memutus mata rantai Covid-19, dan sosialisasikan 5M dan Protokol kesehatan pada masyarakat," pesan Kapolres. 

Wakapolres menambahkan, Senkom tidak hanya ahli tracing tetapi juga sebagai corong Polri untuk mendidik masyarakat tentang 5M, Protokol Kesehatan, dan menjaga kesehatan. Dalam tugasnya Senkom Mitra Polri selalu bersinergi dengan tiga pilar setempat yaitu Babinsa, Babinkamtibmas, dan Bidan Desa

Kasat Binmas AKP Lukman Tri Novianto menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap peran serta Senkom Mitra Polri Kabupaten Karanganyar yang telah turut berperan aktif membantu tugas Polri khususnya dalam hal penanganan dan pencegahan Covid 19.

Ketua Senkom Mitra Polri Karanganyar, Joko Sutrisno, S.H., M.M. menyampaikan bahwa Senkom Mitra Polri siap membantu Polri dan Pemerintah dalam tracer Covid 19. Semboyan "Siaga Saat Aman dan Ada Saat Dibutuhkan" harus menjadi jiwa dan semangat relawan Senkom. 

"Hal ini sesuai 3 bidang pengabdian Senkom Mitra Polri yaitu Kamtibmas, kebencanaan, dan bela negara," jelas Joko.
Ketua Umum Senkom Mitra Polri, H. Katno Hadi mengemukakan bahwa kegiatan pelatihan tracer Covid 19 yang dilaksanakan di Polres Karanganyar ini menjadi yang pertama kali di jajaran Senkom Mitra Polri tingkat Kabupaten se-Indonesia. (tim).