Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Di Saneo Dompu Banyak Makam Kuno, Salah Satunya Kuburan Ulama Asal Gowa

Minggu, 30 Mei 2021 | 10:56 PM WIB Last Updated 2021-05-30T14:56:16Z



Dompu, koranlensapost.com - Di kawasan Doro Mantua Saneo Dompu terdapat banyak kuburan kuno. 

Tokoh muda pemerhati sejarah Saneo, Nurajin mengungkapkan di antara kuburan tersebut, salah satunya adalah makam seorang ulama dari Gowa Makassar. Hal itu berdasarkan cerita turun temurun dari para tetua di kampung tersebut.
"Menurut keterangan dari para masyarakat dan orang tua kami di desa saneo namanya Muhammad Abdul Gowa salah satu alim ulama asal Gowa (Sulawesi Selatan,red)," ungkap pria yang biasa disapa Fasul ini. 


Masih berdasarkan cerita turun-temurun orang-orang tua tersebut, Fasul mendapatkan informasi bahwa ayah kandung Muhammad Abdul Gowa adalah orang Saneo asli. Sedangkan ibunya putri dari Gowa. 
Pada suatu waktu, dengan memakai perahu kayu Muhammad Abdul Gowa berangkat menuju tanah Saneo guna menelusuri jejak keturunan ayahnya.


"Beliau menyeberang dari Makasar memakai perayu kayu menuju Kilo dan menuju ke Saneo untuk mencari darah  (keturunan) bapaknya di Saneo. Setelah itu beliau memilih ingin menghabiskan waktu dan hidupnya di wilayah Saneo. Beliau.menjadi ulama berpengaruh di Saneo," tuturnya.


Sepeninggal Muhammad Abdul Gowa, makamnya dimuliakan oleh keturunannya di Saneo. Saneo yang menerima islam lebih tua dan paling pertama," sebut Fasul. (emo).




×
Berita Terbaru Update