Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Wabup Dompu Buka Event "RAMADHAN EXPO 2021"

Jumat, 30 April 2021 | 5:02 AM WIB Last Updated 2021-04-29T21:02:50Z

      Wabup H. Syahrul Parsan, ST., MT saat               membuka event "RAMADHAN EXPO                 2021"


Dompu, koranlensapost.com - Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST.MT membuka secara resmi kegiatan " RAMADHAN EXPO 2021" di Lapangan Pelangi Kelurahan Dorotangga pada Kamis (29/4/2021) sekitar pukul 17.00 Wita.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh DPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Dompu dan Disponsori oleh PT. Pergadaian (Persero) Area Dompu dan Pegadaian Syariah Cabang Dompu itu akan berlangsung mulai 29 April sampai dengan 9 Mei 2021 dengan tema "WUJUDKAN 1000 UMKM BERKELAS DAN BERDAYA SAING".


Acara pembukaan "RAMADHAN EXPO 2021" tersebut dihadiri pula oleh Wakapolres Dompu Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu H. Khaerul Insyan, SE., MM, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Dompu Dra. Hj. Sri Suzana, M. Si, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu Drs. H. Muhammad Rifaid, M. Pd, Kepala BPBD Kabupaten Dompu Jufri M. Saleh, ST., M. Si, Kabag Umum Setda Dompu Soekarno, ST., MT, Lurah Dorotangga,  Babinsa Dorotangga Pelda Sudirman serta sejumlah pengusaha muda Dompu dan para tamu undangan lainnya.


Wabup H. Syahrul Parsan dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut sangat mengapresiasi langkah positif DPC HIPMI Kabupaten Dompu yang telah menyelenggarakan kegiatan yang dirangkaikan dengan Bazaar tersebut.
"Kegiatan semacam ini adalah kegiatan yang sangat positif untuk menumbuhkan minat anak-anak kita dan adik-adik kita supaya mau berinovasi melakukan hal-hal yang sifatnya positif, termasuk dalam mengisi bulan Ramadhan ini," ungkapnya.

Syahrul mengaku bangga terhadap geliat anak-anak muda yang tergabung dalam DPC HIPMI Dompu karena telah mampu menangkap peluang usaha di bulan suci ini. 
"Kegiatan seperti ini harus didukung dan perlu diberi semangat. Mungkin perlu ditingkatkan lagi," ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap kaum muda agar selalu kreatif, inovatif dan mampu menangkap peluang usaha menuju kemandirian ekonomi.

"Mari kita bisa memanfaatkan peluang karena kadang-kadang peluang itu tidak datang dua kali," ajaknya.

Lebih lanjut ia mengajak Pengurus DPC HIPMI Kabupaten agar bisa bersinergi dengan dinas dan instansi terkait. Bukan hanya dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Tetapi juga dengan OPD lain seperti Dinas Dikpora serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan lain-lainnya.
"Antara pariwisata , kebudayaan dan kegiatan ekonomi kreatif harus berjalan bareng. Bali dikenal karena hal itu," kata Syahrul.

Kepada para pengusaha muda, Wabup juga berharap agar bisa belajar dengan para pengusaha yang sudah maju dan sukses.
"Jangan bersaing dengan mereka (pengusaha maju). Mari belajar dari mereka supaya bisa mendapatkan ilmu dari mereka," dorongnya.

Sebaliknya Wabup berharap para pengusaha maju juga bisa mentransfer ilmu dan pengalamannya kepada para pengusaha muda.

Usai membuka secara resmi kegiatan tersebut, Wabup bersama Wakapolres Dompu, Pinca.Pegadaian Syariah dan sejumlah Pimpinan OPD yang hadir meninjau stand-stand "RAMADHAN EXPO 2021".




Ketua Panitia, Andi Hermawan mengemukakan "RAMADHAN EXPO 2021" digelar sebagai upaya DPC HIPMI Kabupaten Dompu dalam mewadahi usaha ekonomi kreatif yang dilakukan oleh para pengusaha muda di daerah bermotto Nggahi Rawi Pahu tersebut.


"Tujuan kegiatan ini sebagai ajang promosi produk lokal daerah Dompu yang dilakukan oleh para pengusaha muda kita," jelas Andi.

Ia berharap kepada pemerintah daerah dapat mendukung semangat para pelaku UKM di Kabupaten Dompu dalam mewujudkan kemandirian di bidang ekonomi. 


"Kegiatan ini juga merupakan langkah awal dalam membantu percepatan misi pemerintah daerah dalam mewujudkan 1000 UMKM yang berkelas dan berdaya saing," tuturnya sembari berharap Pemerintah Daerah menjadi mitra stategis di bidang pemberdayaan ekonomi kreatif dari para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Dompu.


Andi juga berharap seluruh elemen masyarakat  dapat mendukung dengan cara membeli produk-produk murah tapi tidak murahan yang berada di stand-stand tersebut pameran dan bazaar "RAMADHAN EXPO 2021" tersebut.


Ia juga berharap pemerintah bisa menyiapakan platfom penjualan ekonomi kreatif lewat website/aplikasi yang disediakan khusus oleh pemerintah sehingga dapat memudahkan konsumen mencari produk-produk unggulan daerah.



Pada kesempatan yang sama,  Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Dompu, Nurrochman juga menyambut baik kegiatan "RAMADHAN EXPO 2021". 
"Semoga kegiatan semacam ini menjadi sarana tumbuh kembangnya UKM di Kabupaten Dompu," ucapnya.


Ia mengatakan Pegadaian Syariah sangat mensupport kegiatan positif termasuk pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat seperti yang telah dilakukan oleh DPC HIPMI Dompu. Karena itulah pihaknya langsung menyatakan siap menjadi sponsor utama kegiatan dimaksud yang dialokasikan dari 
Dana Kebajikan Umat (DKU).

Di momen tersebut, Nanang juga sekilas memaparkan aneka produk pegadaian baik yang bersifat pembiayaan maupun investasi. Seperti Gadai Emas, Arum Haji, Tabungan Emas, pinjaman bagi usaha ekonomi kreatif dengan jaminan emas atau BPKB, serta sejumlah produk berakad syariah lainnya.


Sementara itu, Ketua DPC HIPMI Kabupaten Dompu Firmansyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pegadaian, Jadi.com, TDA, Kingmart, LEESHA SHOPIE, Dejustine Distro, Coffeezone, Cupa, Sama Ngawa Center, KFMD Fotografer dan lain-lainnya yang telah mensupport kegiatan RAMADHAN EXPO 2021 ini. 
"Semoga semuanya selalu sukses dan terus berkembang maju dan semoga para pelaku UMKM di Dompu juga bisa terus mengembangkan usahanya menjadi semakin maju, kreatif dan inovatif," harap sosok kreatif dan bersahaja yang familiar dengan sapaan Marombo tersebut.



"RAMADHAN EXPO 2021 diisi oleh 20 stand terdiri dari beragam kuliner, fashion, sembako, sablon, lukisan dan demo kreatif. Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan Lomba Adzan dan Lomba Mengaji bagi anak-anak. (AMIN).






×
Berita Terbaru Update