Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pangdam IX/Udayana Kunker di Dompu

Selasa, 27 April 2021 | 3:51 AM WIB Last Updated 2021-04-26T19:51:21Z


Dompu, koranlensapost.com - Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Senin (26/4/2021) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Dompu.

Kunjungan Jenderal Bintang Dua Lulusan Akmil 1992 tersebut didampingi pula oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramadhani S, Sos. SH. M Han, Asren Kodam IX/Udayana Kolonel Arm. Johanes Toar Pioh, Asops Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf. Lalu Habibburrahim. W, Aslog Kasdam IX/Udayana Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi, Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf. Made Mahaparta, Dandenma Kodam IX/Udayana Letkol Inf. Made Yoseph Angkasa, Kainfolata Dam IX/Udayana Kolonel Inf. Asep Supriatna, Sekretaris Itdam IX/Udayana Letkol Kav. Subagio Prayitno, Kasmin Pangdam IX/Udayana Myr Inf. Dhavid Hadiansyah, Kakesdam IX/Udayana Kol Ckm. Made Mardika, Kapendam IX/Udayana Kol Kav. Jonny Harianto, Fotografer Pendam Kapten Chb. Made Oka Widianta, Danden Inteldam IX/Udayana Letkol Inf Gst Ngurah Sumahardika, Kasirem 162/WB Kolonel Inf. Joko Purnama, Kasi Intelrem 162/WB Kolonel Inf. Setiya Asmara, Wadan Denkes Mataram, Dantim Intelrem 162/WB Lettu CHB. H. Wahyu Amri, ADC Pangdam IX/Udayana Serda Hermanus Haryono, Fotografer Serda George, serta Fotografer PNS Angga Dwi Cahyono, 
Kegiatan Kunker Pangdam beserta rombongan diawali di Makodim 1614/Dompu Jln. A. Yani kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu


Kedatangan Pangdam di Kodim 1614/Dompu disambut oleh Bupati Dompu Kader Jaelani, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar A.Md, Par, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S. Kom. M. Tr. Han, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH, S.Ik, Ketua Pengadilan Negeri Dompu  Mukhlassuddin, SH., MH, Kepala kejaksaan negeri Dompu Bpk. Mei Abeto Harahap SH. MH, dan Forkopimda Dompu.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan Bupati AKJ.

"Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Dompu, saya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kesediaan Bapak Panglima Kodam  lX/Udy beserta rombongan untuk berkunjung ke Kabupaten Dompu," ujar Bupati AKJ.


Selanjutnya AKJ melaporkan kondisi sosial kemasyarakatan atau kondisi keamanan dan ketertiban di kabupaten Dompu pasca Pilkada tahun 2020.

"Sampai saat ini Kabupaten Dompu dalam keadaan aman, tertib, kondusif dan terkendali di bawah arahan dan kendali TNI dan Polri sebagai unsur utama penanggung jawab keamanan daerah serta didukung penuh oleh unsur Forkopimda dan unsur penting lainnya yang senantiasa berkoordinasi dengan baik dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Kami mengharapkan kondisi Kamtibmas di kabupaten Dompu tetap terjaga dan terpelihara dengan baik karena merupakan syarat mutlak bagi kita semua untuk melaksanakan program pemerintah dan pembangunan di daerah," ucapnya. 

Lebih lanjut Bupati mengemukakaK kabupaten Dompu memiliki luas wilayah 2321,55 km2 dengan jumlah 8 wilayah kecamatan yang terbagi dalam 9 kelurahan dan 72 Desa. Jumlah penduduk Kabupaten Dompu adalah sebesar 2.39.095 jiwa. Sebagian besar jumlah penduduk bekerja di sektor pertanian atau sekitar 32%. Kemudian 15,6% di sektor perdagangan,  7,3% di sektor perikanan, 11,7% di sektor peternakan, 8,3% di sektor jasa dan di sektor lainnya sebesar 19,77%. 

"Komoditi unggulan kabupaten Dompu adalah jagung padi sapi dan ikan laut," paparnya.

Selanjutnya untuk menunjang perekonomian daerah juga ada investasi sektor Swasta. Antara lain yaitu PT Sukses Mantap Sejahtera (SMS) pabrik gula di Kecamatan Pekat dan PT Sumbawa Timur Mining (PT STM) yang bergerak di bidang pertambangan di Kecamatan Huu yang menjadi potensi dan peluang terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.


Bupati juga melaporkan tentang bencana alam maupun non alam yang terjadi di daerah bermotto Nggahi Rawi Pahu tersebut.  
"Di samping bencana non alam pandemi covid 19,  kami di Kabupaten Dompu juga mengalami musibah bencana alam berupa banjir bandang yaitu di Kecamatan Hu'u pada tanggal 1 Maret 2021 dan kejadian banjir bandang ini kembali terulang pada tanggal 9 Maret 2021 dan terjadi lagi pada tanggal 1 April 2021 untuk menangani untuk penanganan masyarakat yang terdampak banjir ini Bupati Dompu bekerja sama dengan instansi terkait sedang berencana melaksanakan relokasi sebanyak 108 rumah penduduk dan kemudian perbaikan jalan saluran sungai dan upaya-upaya untuk mendapatkan bantuan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB.

Mewakili pemerintah daerah beserta seluruh masyarakat Kabupaten Dompu, Bupati AKJ menyampaikan rasa duka yang mendalam atas terjadinya musibah Kapal Selam Nanggala-402 di perairan Utara Bali yang menyebabkan jatuh korban 53 orang prajurit terbaik bangsa. 
"Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Dompu mengirimkan doa terbaik agar Putra terbaik bangsa dimaksud dilapangkan jalannya menuju Ilahi Robbi diampuni semua dosa dan kepada keluarga yang ditinggalkan Allah SWT memberikan ketabahan dan kesabaran. Kepada segenap keluarga besar Tentara Nasional Indonesia khususnya TNI angkatan Laut dengan adanya musibah ini terus diberikan kekuatan dan semangat yang kokoh untuk menjaga kedaulatan negeri ini dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Bupati Dompu juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas berbagai program Bapak Pangdam IX/Udayana seperti program ketahanan pangan dan program air bersih atau pompa hidran dan sumur di Kabupaten Dompu.

"Program ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat khususnya air bersih di Desa Lanci Jaya dan juga untuk keperluan lahan pertanian di desa Bara dan Desa Doromelo. Program dimaksud sejalan dengan program Jara Pasaka yaitu Jagung Porang Padi Sapi dan Ikan yang menjadi program unggulan Pemerintah Kabupaten Dompu," urainya.
Bupati Dompu juga memberikan apresiasi yang tinggi pula kepada jajaran Pangdam IX/Udayana yang telah berupaya keras dalam membantu Pemerintah Kabupaten Dompu untuk menekan penyebaran covid-19.
"Dalam rangka  mendukung pencapaian dan suksesnya program strategis daerah guna menunjang perekonomian nasional seperti pabrik gula, tambang emas dan rencana pembangunan pelabuhan Nusantara, kami mengharapkan dukungan penuh serta petunjuk dari bapak Pangdam IX/Udayana," pintanya.

Sementara itu, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebelum memulai arahannya memperkenalkan seluruh Pejabat Kodam IX/Udayana yang ikut hadir dalam Rombongan tersebut.
Pangdam mengucapkan terima kasih banyak kepada Bupati Dompu beserta seluruh jajarannya atas sambutan yang luar biasa.

"Diharapkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu agar bekerja sama dengan instansi terkait guna memberikan imbauan dan arahan kepada masyarakat agar bisa memahami bahaya Covid 19. Karena kita lihat masih banyak masyarakat yang masih kurang paham terkait dengan bahaya Covid 19. Di India sudah terjadi lonjakan yang luar biasa di India banyak yang meninggal di sana jadi jangan pernah menganggap remeh," tegas Pangdam.

Pangdam mengucapkan terimakasih  kepada Bupati Dompu yang telah ikut berduka atas tenggelamnya Kapal Selam Nanggala-402 yang menyebabkan para Prajurit TNI meninggal dunia.
"Itu semua sudah jadi risiko penugasan, diharapkan tidak usah terlalu banyak  berdiskusi  segala macam analisa segala macam. yang jelas ada rekan-rekan kita saudara-saudara kita mengalami musibah saat ini. Mudah-mudahan kita bisa diterima di sisi Tuhan dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Saya juga dengar dari Danrem 162/WB bahwa ada salah satu kru Nanggala-402 yang berasal dari Bima atau yang berada di wilayahnya Korem 162/WB, dan diharapkan kepada Danrem agar bisa memberikan pemahaman dan bantuan lainnya sehingga bisa lebih tabah untuk menghadapi kenyataan," tandasnya.

Pukul 17.53 Wita Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak beserta Rombongan meninggalkan Kodim 1614/Dompu selanjutnya Menuju Pendopo Bupati Dompu di Jalan Beringin No 01 Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu untuk melakukan silaturahmi dengan para Muspida Kabupaten Dompu. (AMIN).
×
Berita Terbaru Update