Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mustamin : Saya Merasa Tenang Dengan Kehadiran JKN-KIS

Selasa, 03 November 2020 | 9:09 AM WIB Last Updated 2020-11-03T01:09:55Z



Bima, koranlensapost.com - Peran pemerintah dalam memberikan kesejahteraan di bidang kesehatan kepada seluruh masyarakat telah terbukti dengan lahirnya program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Program yang diselenggarakan oeh BPJS Kesehatan itu terbukti secara nyata selalu hadir untuk masyarakat dalam menjamin kesehatan, mulai dari promotif, preventif, kuratif hingga rehabilitatif. Mustamin adalah salah satu peserta program JKN-KIS yang berasal dari Desa Penapali, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Mustamin yang sehari-hari berprofesi sebagai petani merasa perlu memiliki jaminan kesehatan, karena pekerjaannya yang cukup menguras tenaga setiap harinya menyebabkan ia merasa harus berjaga-jaga saat ia jatuh sakit. Mustamin sangat menyadari bahwa biaya yang harus dikeluarkan saat melakukan pengobatan atau perawatan di fasilitas kesehatan tidaklah sedikit, sehingga Mustamin memutuskan untuk mendaftarkan dirinya beserta keluarga ke dalam Program JKN-KIS.

“Saat itu saya merasa baik-baik saja tetapi, keesokan harinya setelah pulang bekerja dari ladang, saya merasa tidak enak badan dan demam tinggi sehingga keluarga saya memberikan obat penurun panas. Tetapi dalam waktu dua hari suhu tubuh saya masih naik turun dan kondisi tubuh masih tetap lemah dan akhirnya keluarga memutuskan untuk membawa saya ke rumah sakit dan saya terkena tifus,” ungkap Mustamin.

Mustamin sebelumnya mendaftarkan diri sebagai peserta Program JKN-KIS pada segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 3. Menurut Mustamin, ia merasa tidak rugi jika harus membayar iuran setiap bulan karena dirinya merasa terbantu dan harus berjaga-jaga untuk menjamin kesehatan dirinya dan seluruh anggota keluarganya.

”Saya merasa sangat bersyukur sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, karena ketika saya sakit dan harus dirawat di rumah sakit dengan biaya yang tidak sedikit yang harusnya saya keluarkan, tetapi dengan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), saya tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, karena seluruh biaya perawatan selama ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Mustamin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena dengan adanya program JKN-KIS ini sangat membantu seluruh lapisan masyarakat yang mampu maupun tidak mampu. (LP-01).

 

×
Berita Terbaru Update