Walikota Bima Bantu Modal Usaha 5.214 UKM

Kategori Berita

.

Walikota Bima Bantu Modal Usaha 5.214 UKM

Koran lensa pos
Rabu, 16 September 2020
Kota Bima, koranlensapos.com -  Sebanyak 5.214 Kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Bima mendapat bantuan dana dari Kementerian Koperasi dan UKM RI.   bantuan tersebut merupakan wujud visi misi walikota Bima melalui  program pemulihan ekonomi kerakyatan. Bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis  oleh Walikota Bima, H.Muhammad Lutfi, SE di Gedung Seni Budaya (GSB) Kota Bima, Selasa (15/9/2020).

Acara penyerahan bantuan modal usaha juga Dihadiri Staf Ahli Walikota Bima Bidang Kesra, Kemasyarakatan dan SDM, Kepala Bank BNI Cabang Bima, Kepala Bank BRI Cabang Bima, Kadis Koperindag, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah serta seluruh penerima bantuan.

Kadis Koperindag Abdul Haris, S.Sos, melaporkan bahwa BPUM diberikan kepada Usaha Mikro dengan syarat-syarat yaitu berwarga negara Indonesia, mempunyai Nomor Induk Kependudukan, memiliki kegiatan usaha yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul, dan bukan ASN maupun anggota Polri/TNI serta pegawai BUMN/BUMD.

Adapun jumlah UKM yang diusulkan oleh  Dinas Koperindag Kota Bima sebanyak 11.137. Data diperoleh dari beberapa sumber yaitu data dari Kelurahan sebanyak 1.114 UKM yang disetor oleh 22 Kelurahan dari 41 Kelurahan yang ada. Data yang dihimpun oleh Dinas  terkait dan masyarakat lain yang langsung mendaftar sebanyak 10.023 UKM.

"Realisasi Tahap Awal yang diserahkan pada hari ini yaitu sebanyak 5.214 UKM dengan nilai Bantuan sebesar Rp. 12.513.600.000 dengan besaran nilai bantuan untuk 1 (satu) UKM sebesar Rp. 2.400.000," terang Haris.

Sementara itu Wali Kota Bima, H.Muhammad Lutfi SE, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Koperindag yang telah bekerja keras dengan sigap mendata sejumlah UKM kita yang terdampak covid-19. Baginya, Kota Bima patut bersyukur karena jumlah UKM yang mendapatkan bantuan ini lebih banyak dibanding Kota dan Kabupaten lainnya di NTB ucap Walikota

"Kesigapan kita dan pendataan ini menjadi kunci keberhasilan hingga Kota Bima diberikannya porsi jatah lebih banyak dari daerah lainnya", ujar Wali Kota.

Bahwa ditengah kondisi covid-19 ini juga berdampak dan terasa bagi Usaha Kecil Menengan (UKM) yang ada, sehingga bantuan ini diberikan agar mendorong UKM tetap tumbuh sehingga sektor perekonomian dapat berjalan dengan baik meskipun di tengah pandemi yang tengah melanda bangsa dan daerah kita tercinta. Dalam pencairan dana bantuan ini, Pemkot Bima bekerja sama dengan dua perbankan yakni BNI 46 cabang Bima dan BRI Cabang Bima, jelasnya.

Selain bantuan modal usaha, secara simbolis juga diserahkan bantuan Gerobak Bakso oleh BNI Cabang Bima kepada Dekranasda Kota Bima yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala BNI Cabang Bima kepada Dinas Koperindag Kota Bima. (TIM)