Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Air Terjun Walet Putih Tawarkan Kesejukan di Tengah Kegerahan

Senin, 31 Agustus 2020 | 3:31 PM WIB Last Updated 2020-08-31T07:31:47Z

Dompu, Lensa Pos NTB - Di musim kemarau yang panas terik ini, tempat-tempat pemandian yang sejuk dan dingin pasti amat didambakan.

Air Terjun Walet Putih yang berada di Desa Sorinomo Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu NTB salah satu lokasi yang menjadi tujuan wisata air ini.

Keindahan Air terjun yang bersumber dari Gunung Tambora ini sungguh membelalakkan mata para pengunjung. Apalagi berbicara tentang kesejukan dan kejernihannya. Tak perlu diragukan lagi.
Masyarakat di Kecamatan Pekat dan sekitarnya setiap hari berduyun-duyun mendatangi tempat ini guna bermandi ria bersama keluarga.
Lokasinya yang dikelilingi oleh hutan dan tebing-tebing yang asri dan natural menyuguhkan pesona kecantikan alamiah yang menjadi magnet penarik bagi pengunjung yang pernah bertamsya di kawasan ini untuk kembali hadir.

Letaknya yang sangat strategis dan jauh dari pemukiman warga tentu menjadi penyebab keasliannya tetap terjaga. Jarak tempuh tidak terlampau jauh membuat pengunjung akan merasa nyaman datang ke tempat ini dan ketagihan untuk kembali datang.

Mengapa air terjun ini diberi nama Walet Putih ?
Menurut warga setempat, di dekat air terjun tersebut terdapat sebuah lekukan mirip goa. Konon lokasi itu menjadi tempat bagi bersarangnya burung walet putih. Karena itulah air terjun berketinggian puluhan meter itu dinamai Walet Putih.

Perlu diketahui pula bahwa di atas Air Terjun Walet Putih ini terdapat air terjun lagi. Namanya Air Terjun Wintala atau sering disebut masyarakat setempat dengan nama Air Terjun Putri Penasaran. Entah mengapa disebut demikian. Masih perlu ditelusuri lebih lanjut riwayatnya.

Kecamatan Pekat kini mulai menjadi primadona bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Berbagai kawasan wisata yang selama ini belum disentuh setahap demi setahap mulai dipoles dan ditata guna meningkatkan kunjungan wisata. Apalagi sejak ditetapkannya Gunung Tambora menjadi Kawasan Taman Nasional dan telah berstatus sebagai Kawasan Geopark Nasional dan sedang diusulkan menjadi Geopark Dunia. Tentunya para wisatawan juga akan mengunjungi kawasan-kawasan wisata alam yang ada di sekitar lingkar Tambora. Seperti wisata hutan yang masih asri dan lestari, pantai yang indah, dan panorama alam pegunungan yang menakjubkan. (RUM).



×
Berita Terbaru Update