Komunitas Gerakan Perempuan Mengaji Dompu Khataman Tadarusan Al-Qur'an 30 Juz

Kategori Berita

.

Komunitas Gerakan Perempuan Mengaji Dompu Khataman Tadarusan Al-Qur'an 30 Juz

Koran lensa pos
Sabtu, 23 Mei 2020

Dompu, Lensa Pos NTB - Komunitas Gerakan Perempuan Mengaji Dompu telah mengkhatamkan tadarusan Al-Qur'an 30 Juz pada bulan Ramadhan tahun 1441 H ini.

Kegiatan khataman dilaksanakan di Masjid Baiturrahman Dompu pada Kamis malam (21/5/2020) pukul 21.00 Wita.

Pembimbing Komunitas Gerakan Perempuan Mengaji Dompu Ustadz Imamul Arif, M. Pd.I mengungkapkan kegiatan tadarusan Al-Qur'an yang berlangsung sejak malam pertama bulan Ramadhan ini diikuti oleh anggota komunitas sebanyak 25 orang yang semuanya adalah kaum ibu-ibu usia 40 tahun ke atas dan ada juga mahasiswi).

"Tujuan dilaksanakan kegiatan tadarusan ini mengharap agar mendapatkan percikan berkah lailatul qadar saat menghatamkan Alquran juga untuk memupuk budaya menghatamkan Al-Quran pada tiap-tiap bulan Ramadhan yg mana budaya ini masih sangat sedikit pengamalnya terutama di kalangan remaja," ungkap Imam. 

Imam menyebut Komunitas ini mulai berdiri sejak tahun 2014 dan pada tahun 2019 terbentuk pula komunitas yang sama di Kota Bima. 
"Tahun 2020 anggota komunitas ini berjumlah sekitar 50 orang dari Kelurahan Bada, Potu dan Karijawa," ujarnya.

Ia berharap semoga melalui Penyuluh Agama Islam Non PNS Kabupaten Dompu komunitas dan kegiatan serupa terbentuk dan terlaksana di tiap desa/kelurahan di kabupaten Dompu

"Pada ahirnya akan tumbuh budaya "ibu mengajar ngaji anaknya sendiri", dan "nenek mengajar ngaji cucunya," jelasnya.

Menurutnya keberadaan komunitas pengajian semacam ini di setiap desa/kelurahan sangat penting  mengingat jumlah Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) di Kabupaten Dompu yang masih sangat sedikit dan sangat tidak sebanding dengan jumlah anak-anak dan remaja.

"Dengan adanya Komunitas ini,  ada ibu-ibu anggota komunitas yang mengajar ngaji saudara, cucu, bahkan suaminya sendiri," akunya.
(AMIN).