Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

M. Irianto, Sosok yang Menginspirasi

Selasa, 10 Maret 2020 | 12:53 PM WIB Last Updated 2020-03-10T06:23:03Z
M. Irianto bersama Dandim
1614/Dompu, Letkol Inf.
Ali Cahyono, S. Kom


Dompu, Lensa Pos NTB - Usianya bukan muda lagi. Tapi semangatnya menginspirasi banyak orang untuk terus bekerja dan berkarya patut dicontoh. 
Dialah M. Irianto. Tokoh yang biasa disapa Dae Yanto tersebut saat ini menjabat sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kecamatan Manggelewa.
Semangatnya yang seolah tak pernah kendur memberikan energi positif bagi kaum milenial yang kerap bersamanya untuk selalu melakukan kebaikan. Ia selalu menekankan bahwa kebaikan sekecil apapun tetap akan mendatangkan manfaat bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan. 

Irianto dikenal sebagai sosok pekerja keras. Dalam menjalankan tugasnya sebagai pimpinan di sebuah instansi di tingkat kecamatan ini, ia selalu hadir tepat waktu dan meskipun sudah jam pulang kantor, ia belum kembali ke rumahnya sebelum seluruh pekerjaannya tuntas. Hal biasa baginya pulang ke rumahnha di malam hari untuk menyelesaikan tugas-tugas kantornya.
M. Irianto

Rutinitasnya sehari-hari seolah tak pernah usai. Selain menjalankan tugas rutinnya sebagai pimpinan di suatu instansi, ia juga menyibukkan
diri dengan berbagai aktivitas sosial kemasyarakatan maupun pelestarian lingkungan.
Majelis Pembimbing (Mabi) Satuan Karya (Saka) Keluarga Berencana (Kencana) Kecamatan Manggelewa ini secara rutin bersama dengan pembina dan anggota Pramuka lainnya melaksanakan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami). Persami ini diisi dengan sejumlah kegiatan yang bermanfaat. Di samping menanamkan nilai kebangsaan dan cinta tanah air kepada para anggota yang masih berstatus pelajar itu, mereka juga dibekali dengan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, bahaya pernikahan dini maupun bahaya mengonsumsi miras dan narkoba. Melalui kegiatan kepramukaan, Yanto mengajak para anggota Saka Kencana bahkan bergabung dengan saka-saka lainnya melakukan kegiatan penghijauan/reboisasi, pembersihan sampah, dan berbagai kegiatan bersifat sosial lainnya.
Kegiatan-kegiatan penanaman massal juga sering dilakukan bergabung dengan TNI, POLRI maupun KPH serta dengan pemerintah kecamatan, desa dan masyarakat umum.

Dengan gaya pendekatannya yang khas, para remaja yang tergabung dalam Pramuka Saka Kencana diajaknya untuk selalu berpikiran maju dan memandang jauh ke depan untuk menggapai sebuah impian dan harapan. Kerja keras, pantang menyerah dan semangat yang tinggi. Itulah kalimat yang selalu ia tanamkan kepada anak-anak muda di sekitarnya. Mereka selalu diberinya motivasi agar selalu bersemangat dalam menjalani suatu aktivitas dan selalu berpikiran positif.
Ia selalu menekankan bahwa tidak ada suatu keberhasilan dan kesuksesan dalam hal apa saja yang diperoleh dengan cara yang mudah. Apalagi bagi orang yang mudah menyerah, pesimis, dan gampang putus asa. Tetapi kesuksesan dan keberhasilan hanya bisa diraih dengan kerja keras dan semangat yang tinggi dan penuh optimis. Pria yang memiliki akun facebook Yanto Mlewa ini juga menekankan agar jangan suka mengeluh karena orang yang suka mengeluh adalah orang yang gagal.


Pria kelahiran Dompu 57 tahun lalu ini juga kerap melibatkan diri dalam membantu pelaksanaan pesta demokrasi di Desa Suka Damai tempat tinggalnya sebagai anggota KPPS.
Sebagai anggota masyarakat Yanto juga selalu aktif dalam kegiatan kemasyarakatan di tempat tinggalnya. 
Di balik kesibukannya dalam melakukan berbagai aktivitas di atas, Yanto tak pernah melupakan aktivitas rutinnya bertani dan berkebun. Di sela-sela kesibukannya ia selalu menyempatkan diri ke sawah dan ladangnya mengurusi tanaman padi maupun jagungnya. Tidak mengherankan bila halaman kantornya juga ia penuhi dengan tanaman aneka bunga cantik berwarna-warni indah serta tanaman sayuran dan tanaman obat-obatan.

Untuk diketahui M. Irianto  menjadi PNS sejak 1 April 1986. Ia mengawali tugas kedinasannya sebagai Petugas Lapangan KB (PLKB) di Kecamatan Dompu. Selanjutnya tugasnya berpindah-pindah di Kecamatan Pekat, di Kecamatan Kempo dan terakhir di Kecamatan Manggelewa sampai sekarang. Sejak tahun 2015 ia diberi amanah untuk memangku jabatan sebagai Kepala UPT DPPKB Kecamatan Manggelewa.

Ia lahir waktu pembebesan Irian Barat yang menyebabkan Komodor Yos Sudarso gugur di Laut Aru sehingga oleh orang tuanya ia diberi nama M. Irianto. Irian kepanjangan dari Ikut Republik Indonesia Anti Nederland. Sedangkan To berarti merdeka.
Irianto pada namanya sama dengan nama putra Presiden Pertama RI, Muhammad Guruh Irianto Soekarno Putra.


Integritas, Etos Kerja, Gotong  Royong, Sedikit Bicara Banyak Bekerja" itulah yang menjadi prinsip hidupnya yang terinspirasi dari kalimat bertuah "Nggahi Rawi Pahu" yang bukan hanya pandai berbicara tetapi harus berwujud dalam tindakan nyata yang menghasilkan sesuatu yang bernilai manfaat.

Tentang nilai-nilai keteladanan yang ditunjukkan oleh M. Irianto ini juga mendapatkan penilaian tersendiri dari Danramil 1614-06/Manggelewa, Kapten Inf. Mujiono. 
"Pak Yanto itu orangnya humoris, supel mudah bergaul, gampang diajak koordinasi, baik hati, kerja keras dan bertanggung jawab," ucap Danramil Mujiono. (AMIN).



×
Berita Terbaru Update