Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ketua PC NU Sebut Dompu Lahirkan Banyak Ulama Besar

Rabu, 05 Februari 2020 | 9:37 AM WIB Last Updated 2020-02-05T01:43:02Z
Acara Pelantikan Pengurus PC NU Kabupaten Dompu oleh Ketua Umum PB NU, Prof. Dr. KH. Said Agil Siradj, MA di Aula Pendopo Bupati Dompu, Senin sore (3/2/2020) atau 9 Rajab 1441 H

Dompu, Lensa Pos NTB - Dompu dalam sejarah panjangnya telah melahirkan ulama-ulama besar yang tidak hanya berkiprah di daerah tetapi juga menjadi salah satu icon ulama Nusantara yang diperhitungkan. 
Demikian diungkapkan oleh Ketua Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama Kabupaten Dompu, Drs. H. Muhibbuddin, M. Si dalam sambutannya usai Pelantikan Pengurus PC NU Kabupaten Dompu, Senin sore (3/2/2020) atau bertepatan dengan tanggal 9 Rajab 1441 H di Aula Pendopo Bupati Dompu yang dihadiri pula oleh Ketua Umum PB NU, Prof. Dr. KH. Said Agil Siradj, MA.
Muhibbuddin menyebut Syekh Abdul Gani Al-Bimawi merupakan salah satu ulama kharismatik yang memiliki nama besar pada masanya dan hingga kini.

"Syekh Abdul Gani Al-Bimawi atau dikenal dengan Syeikh Abdul Gani Al-Jawi merupakan ulama kelahiran Dompu yang telah menjadi salah satu Imam Masjidil Haram yang telah menorehkan namanya sebagai salah geneologi ulama nusantara yang mumpuni," ungkapnya.
Selanjutnya ia menyebut dari titisan ilmu Syeikh Abdul Gani lahir anak keturunannya Syeikh Muhammad, Syeikh Mahdali yang dikenal dengan Syeikh Boe. Kemudian lahir generasi berikutnya, Tuan Guru H. Hasan Kandai, H. Abdurrahman Mahmud, KH. Salman Faris, Hj. Khadijah H. Anas, H. Abdul Malik H. Gani, H. Ibrahim dan sederetan nama-nama besar ulama lainnya yang telah berbuat bukan saja untuk Dompu sebagai sebuah daerah tingkat dua tetapi juga telah berkiprah di tingkat nasional maupun dunia. 

Dikatakannya hari ini menjadi momen terpenting dalam sejarah Nahdlatul Ulama Dompu sebagai sebuah wadah yang akan meneruskan perjuangan para aulia-aulia Allah  di muka bumi ini. 
"Sore ini merupakan sore yang special bagi warga Nahdhatul Ulama Kabupaten Dompu untuk bangkit dari tidurnya yang panjang dan kehadiran Prof. DR. KH. Said Aqil Siradj menjadi sebuah pelita yang akan menuntun generasi nahdiyin di daerah ini yang berbakti dari Dompu untuk Indonesiaku. Semoga kita menjadi hamba-hamba yang mendapat maunah dari Allah subhanahu wa taala. Amin Ya Rabbal Alamin.
Ia menegaskan Pemerintah kabupaten Dompu yang telah sukses dengan program TERPIJARnya merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat . Dan hadirnya dana pinjaman lunak yang akan dikucurkan pemerintah untuk nahdiyin menjadi bentuk penopang bagi suksesnya pemberdayaan ekonomi umat di bumi nggahi rawi pahu ini. 
"Maka rencana ke depan kita adalah bagaimana mensinergikan program organisasi dengan program prioritas pemerintah yang terfokus pada pengembangan pendidikan formal dan keagamaan , iptek, peningkatan ekonomi umat, pengentasan kemisinan khusus kelompok nahdiyin, dan program peningkatan wawasan kebangsaan," jelasnya.

Dikemukakannya keberpihakan pemerintah terhadap rakyat kecil termasuk terhadap jamaah nahdiyin yang saat ini dibangun merupakan bentuk sinergitas yang sudah dipupuk nahdatul ulama dengan pemerintah sekaligus sebuah harapan yang selama ini di idam-idamkan. Karena itu harus diakui, kondisi perekonomian masyarakat yang berada di garis kemiskinan memerlukan uluran tangan pemerintah untuk menghindari tumbuhnya kesenjangan sosial termasuk kesenjangan perhatian terhadap pendidikan yang ada di tengah masyarakat.
Inspektur Inspektorat Kabupaten Dompu ini menerangkan kiprah kaum-kaum nahdliyin dalam hidup sosial kemasyarakatan telah memberikan andil yang cukup besar bagi suksesnya pembangunan daerah ini. Dompu yang bermoto “Nggahi Rawi Pahu” yang merupakan simbol bagi pengejewantahan kalimat tauhid yang tidak hanya diucap tetap harus menjadi bagian dari amal dalam realita. (AMIN).



×
Berita Terbaru Update