Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kapolres Bima Silaturrahim dengan Cakades dan Panitia Pilkades di Kecamatan Belo

Jumat, 13 Desember 2019 | 9:30 PM WIB Last Updated 2019-12-13T20:38:39Z

Bima, Lensa Pos NTB - Kapolres Bima, AKBP Gunawan Tri Harmoyo, S. IK pada hari Kamis (12/12/2019) pukul 16.30 wita bertempat di Halaman Mapolsek Belo melaksanakan kegiatan silaturahim dan tatap muka  dengan para Calon Kades dan Panitia Pilkades  yang melaksanakan Pilkades Serentak 2019 yaitu Desa Ngali, Desa Lido dan Desa Ncera Kecamatan Belo Kabupaten Bima. 

Kegiatan tersebut juga di lhadiri  oleh  Kapolsek Belo IPDA I Kadek Sumerta, SH., Camat Belo Bambang Setiawan, S. Sos, Kades/ Pj. Kades  dan Sekdes se Kecamatan Belo, Ketua Karang Taruna dan Ketua BPD se Kecamatan Belo dan Perwakilan masyarakat ketiga desa tersebut.  

Dalam arahannya Kapolres menyampaikan beberapa  imbauan antara lain mengajak bekerja sama yang baik dan dukungan guna mewujudkan kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Bima lebih khusus menciptakan Pilkades yang damai.

Kapolres juga berharap para pendukung calon Kades  menghindari bentrok fisik gara-gara berbeda pilihan.
"Saya  berkeyakinan dari semua calon di tiap-tiap desa adalah keluarga semua," ujarnya.

Dilanjutkan Kapolres selain personel yang melaksanakan Pam di TPS, sudah disiapkan  pula personel untuk mengamankan pelaksanaan pilkades serentak ini yaitu BKO Pasukan Brimob di tiap-tiap Kecamatan untuk membantu polsek agar pelaksanaan  Pilkades serentak dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai.

"Kangan bebankan pada kepolisian saja untuk mengawal pesta demokrasi Pilkades tapi  kita harus kerja sama yang baik untuk menciptakan pilkades damai karena pilkades itu lebih rawan daripada  pileg maupun Pilkada," jelasnya.

Kepada para Cakades, Kapolres mengimbau untuk bisa menerima siapapun yang menang dalam pesta demokrasi tersebut karena dari kelima calon kades di tiap-tiap desa  hanya satu  calon yang terpilih. 
"Dan yang tidak terpilih diharapkan bersabar  karena sudah diatur oleh Tuhan dan bagi calon yang tidak terpilih  dapat menerima dengan  lapang dada serta tidak membuat keributan karena Kecamatan Belo saat ini keamanan sudah kondusif dibanding sebelumnya dan kondisi yang telah kondusif ini harus kita pertahankan," tandasnya. 

Lebih lanjut Kapolres  meminta kepada Camat Belo selaku Ketua Tim Pengawas tingkat Kecamatan Belo, untuk  menyukseskan pilkades serentak tahun 2019, agar bisa memberikan warning kepada ketiga penjabat kades ( Desa Lido, Ngali dan Ncera ) yang  melaksanakan pilkades serentak di Kecamatan Belo agar betul-betul mengawal pesta demokrasi ini sebaik mungkin dan harus netral (tidak  berpihak pada salah satu calon)  untuk melahirkan pilkades damai.

"Pada kesempatan ini juga saya mengharapkan lebih khusus  semua calon kades  di tiga desa tersebut, kiranya bisa membatasi dan membawa diri jadi tokoh terbaik di desanya masing-masing dan bisa membawa kesejukan dalam segala momen. Dalam kontes ini kita supaya bersaing secara sehat dan siapapun yang terpilih nantinya itulah pilihan rakyat dan kehendak Tuhan, sebagai petarung sejati selalu tertaman siap menang dan kalah," tegasnya. 

Kapolres mewanti-wanti agar semua calon kades ketiga desa di Kecamatan Belo tersebut, kiranya dapat memberikan imbauan dan pemahaman pada semua pendukungnya untuk menjaga ucapan dan tindakan seperti menyerang individu dengan memfitnah salah satu calon. 

"Saya yakin dan percaya pada camat, para Pj Kades, calon kades dan ketua panitia akan berperan  aktif demi terwujudnya  pilkades yang damai serta jauh dari berpotensi konflik," ucapnya optimis.

Di akhir sambutannya Kapolres mengajak semua panitia pilkades agar  menjalankan tugasnya dengan profesional, bekerja sesuai mekanisme yang berlaku, dan harus teliti kaitan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT),  karena saat  pencoblosan dan penghitungan suara  sangat rawan. apabila panitia tidak netral apalagi  curang maka akan berdampak pada hilangnya kepercayaan dan kekecewaan masyarakat sehingga akan berdampak konflik dan mengganggu proses pilkades.

Kapolres kembali mengingatkan pada semua elemen masyarakat ketiga desa yang  hadir agar 
bersama-sama mensukseskan pilkades yang damai pada tanggal 16 Desember 2019. (TIM).
    
   
×
Berita Terbaru Update