Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Abdul Munawar, Jadi Nakhoda Baru BKPRMI Dompu

Minggu, 03 November 2019 | 3:09 PM WIB Last Updated 2019-11-03T07:09:12Z

Serah terima amanah Ketua Umum DPD BKPRMK Kab. Dompu dari Ust. KH. Syamsul H. Ilyas kepada Ust. Abdul Munawar di Aula Kemenag Kab. Dompu, Ahad (3/11/2019)
Dompu, Lensa Pos NTB - Ustadz Abdul Munawar, S. Ag., M. Pd akhirnya mendapatkan amanah sebagai Ketua DPD Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Dompu untuk periode 2019-2024.

Penetapan Munawar berdasarkan hasil keputusan Musyawarah Daerah (Musda) III DPD BKPRMI Kabupaten Dompu yang digelar di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu yang dipandu oleh Ketua Steering Comittee  (SC) Ustadz Idi Ahmad, MM, bersama Ustadz Yazid Supriyadi, S. Pd dan M. Khaidir, M. Si, Ahad (3/11/2019).

Pada mulanya peserta Musda mengusulkan 3 nama yakni Abdul Munawar (Sekretaris Umum Periode 2014-2018), Suhermansyah, M. Si (Wakil Ketua I) dan H. A. Rifaid, S. Sos (Ketua Lembaga Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al-Qur'an BKPRMI Dompu).

Namun kedua kandidat dengan sikap leghowo tidak bersedia untuk menakhodai lembaga yang bergerak di bidang dakwah, ke-masjid-an dan kepemudaan itu.

"Saya serahkan kepada yang lebih senior saja," kata Rifaid yang juga merupakan Kasubag Keagamaan di Bagian Kesra Setda Dompu tersebut. 
Hal yang sama diungkapkan Suhermansyah. Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Dompu ini menyerahkan amanat untuk menakhodai organisasi tersebut kepada para figur yang lebih aktif dalam kepengurusan BKPRMI selama ini.
"Bukannya saya tidak siap, tetapi saya mempercayakan kepada teman-teman yang lebih aktif dalam kepengurusan BKPRMI," ucapnya diplomatis.

Karena kedua rekannya tersebut tidak ada yang bersedia, maka Ustadz Munawar akhirnya ikhlas menerima amanah tersebut untuk masa khidmat 2019-2024.

"Saya siap melanjutkan amanah ini dan saya mohon bantuan kawan-kawan sangat kami butuhkan untuk memajukan organisasi ini," kata Wakasek Kesiswaan di SMAN 2 Dompu ini.

Untuk pemilihan Sekretaris Umum belum langsung dilaksanakan pada kesempatan tersebut. Tetapi peserta Musda menyepakati dibentuknya Tim Formatur yang beranggotakan 5 orang untuk menentukan siapa yang akan memegang amanah sebagai Sekretaris Umum.
"Hari Jumat nanti baru ditetapkan Sekretaris Umum oleh Tim Formatur," kata Idi.

Pada kesempatan tersebut, mantan Ketua Umum BKPRMI Kabupaten Dompu periode 2014-2018, Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M. Si menyampaikan ucapan terima kasih karena telah diberi mandat menakhodai lembaga tersebut selama 4 tahun. 

"Terima kasih juga kami sampaikan atas kerja sama seluruh pengurus BKPRMI dalam masa khidmat tersebut," ucapnya. 
Disebutnya BKPRMI telah sukses melaksanakan sejumlah kegiatan dakwah dan syiar Islam seperti kegiatan Safari Ramadhan, Festival Anak Sholeh (FAS), maupun wisuda santri dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Kendati demikian, tokoh yang juga merupakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu ini mengemukakan tetap ada hambatan dan kekurangan yang ditemui dalam melaksanakan program-program di atas.  Karena itu, ia menyampaikan permohonan maaf atas kekurangannya selama memimpin BKPRMI.

"Saya merasa tidak mampu mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan semuanya karena keterbatasan saya selama diberi mandat sebagai pimpinan organisasi yang kita cintai bersama ini. Karena itu lewat kesempatan ini saya mohon maaf sebesar-besarnya," ujarnya.

H. Syamsul juga berharap semoga pengurus BKPRMI selanjutnya bisa lebih semangat lagi dalam mengembangkan roda organisasi ini. Diyakininya pula bahwa tokoh-tokoh muda BKPRMI memiliki kapasitas yang mumpuni untuk membawa organisasi BKPRMI lebih baik lagi dalam beramar makruf nahi munkar.

"BKPRMI ini adalah wadah dakwah yang perlu terus kita tumbuhkan dan kembangkan di daerah Bumi Nggahi Rawi Pahu yang kita cintai ini. Daerah ini masih butuh dengan tenaga saudara-saudaraku untuk membangun daerah ini," tandasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Asisten Pemerintahan dan Aparatur Setda Dompu, Drs. H. Sudirman Hamid, M. Si dan Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Pahlawan Indra Jaya.
H. Sudirman berharap kepada BKPRMI juga agar mendorong pengembangan dan peningkatan kapasitas dan kualitas remaja-remaja masjid di desa-desa agar terwujud generasi-generasi muda Dompu yang selalu mencintai masjid untuk beribadah kepada Allah SWT.
 





×
Berita Terbaru Update