Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

15 Cakades se-Kecamatan Hu'u Menandatangani Deklarasi Pilkades Damai

Kamis, 31 Oktober 2019 | 6:18 AM WIB Last Updated 2019-10-30T22:19:45Z
Deklarasi Pilkades Damai di aula Kantor Camat Hu'u, Rabu (30/10/2019)
Dompu, Lensa Pos NTB - Sebanyak 15 (lima belas) Calon Kepala Desa (Cakades) se-Kecamatan Hu'u menandatangani Deklarasi Pilkades Damai. 
Kegiatan tersebut dihelat di aula Kantor Kecamatan Hu'u, Selasa, (30/10/2019).

Acara tersebut digelar sebagai bentuk konsensus dengan seluruh calon kepala Desa setempat untuk menciptakan Pilkades yang aman, damai, dan sukses menjelang Pemilihan Kepala Desa Serentak Selasa, 12 November 2019 mendatang.

“Pertama, saya ucapkan selamat kepada panitia atas diselenggarakannya acara yang sangat luar biasa ini,” ungkap Camat Hu'u, Muhtar, S. Sos.

Ia amat berharap dengan adanya deklarasi damai ini seluruh rangkaian Pilkades berlangsung dengan aman, damai dan sukses dan melahirkan pemimpin yang berkualitas untuk membangun desa menjadi lebih maju dan unggul.
"Dengan deklarasi damai ini, Insya Allah akan tercipta Pilkades yang aman, damai dan sukses,” ujarmya.

Lebih lanjut ia berharap agar seluruh cakades memahami makna deklarasi tidak hanya sebatas seremonial belaka, tetapi merupakan kesepakatan bersama untuk bersama-sama menciptakan suasana Pilkades yang sejuk, damai, aman, dan sukses dan.

“Kami berharap kepada seluruh calon agar memahami makna deklarasi sebagai satu komitmen untuk menciptakan kebaikan dalam merebut hati seluruh masyarakat di masing-masing desa yang berkontestasi,” harapnya,

Muhtar meminta kepada seluruh peserta Pilkades bersikap dewasa agar setiap agenda politik di Kecamatan Hu'u selalu kondusif, aman, dan bisa menjadi barometer kedewasaan politik. 

"Kita tunjukkan Kecamatan Hu'u dewasa dalam berdemokrasi tanpa ada gelas yang pecah," ucapnya berilustrasi.

Dia mengaku sudah mencontohkan dewasa berpolitik itu saat Pemilihan Presiden pada 17 April 2019 lalu. Karena itu, ia mewanti-wanti agar seluruh kontestan Pilkades mampu membuktikan kedewasaan berpolitik yang sama. 

"Saya minta pilkades ini tidak hanya formalitas tapi pembuktian Cakades atau tim sukses untuk mengabdi kepada masyarakat." pintanya.

Disinggung tentang netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), orang nomor satu di lingkungan Kecamatan Hu'u ini menyatakan akan ada sanksi tegas.

“ASN tidak boleh ikut dalam kampanye apalagi menjadi tim pemenangan calon kepala desa, ada sanksi tegasnya nanti,” tandasnya menegaskan.

Sementara itu, Kapolsek Hu'u, IPTU Balok Suswantoro mengemukakan untuk pengamanan pelaksanaan Pilkades 12 November 2019, pihaknya akan menyiapkan personel gabungan Polri dan TNI yang akan mengawal pesta demokrasi di tingkat desa ini.  

"Kami siap untuk terlibat menjaga keamanan di wilayah ini," ungkapnya.

Kapolsek juga mengimbau agar  panitia Pilkades benar-benar menjaga netralitasnya agar Pilkades terlaksana sesuai dengan harapan bersama.

“Panitia harus menjaga netralitas, jangan sampai ada indikasi berpihak atau bahkan jadi tim pemenangan calon kades sementara untuk cakades silahkan berkompetisi dengan sehat dalam merebut hati rakyat,” ujarnya. 

Usai penandatanganan Deklarasi Pilkades Damai, para cakades berjabatan tangan dengan penuh keakraban dan persaudaraan.
15 Cakades yang menandatangani Deklarasi Pilkades Damai tersebut yaitu 3 orang Cakades Cempi Jaya, 4 Cakades Rasabou, 3 Cakades Daha, dan 5 Cakades Marada. (AMIN-HAMKA).
×
Berita Terbaru Update