Peringati WCD, Seluruh Desa di Manggelewa Dilaksanakan Pelayanan KB Gratis

Kategori Berita

.

Peringati WCD, Seluruh Desa di Manggelewa Dilaksanakan Pelayanan KB Gratis

Koran lensa pos
Rabu, 11 September 2019
Pelayanan KB gratis di Manggelewa
Dompu, Lensa Pos NTB -  Dalam rangka memperingati World Contraseption Day (WCD), di seluruh desa di Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu telah dilaksanakan pelayanan KB gratis.

Demikian diungkapkan oleh Kepala UPT KB Manggelewa, M. Irianto.

"Alhamdulillah pelayanan KB gratis sudah kami laksanakan di semua desa yang ada di Kecamatan Manggelewa dalam rangka menyambut Hari Kontrasepsi Sedunia ini," ungkapnya.

Dikatakannya pelayanan KB gratis tersebut dilaksanakan atas kerja sama UPT KB Manggelewa dengan Puskesmas Soriutu yang merupakan Tim Keluarga Berencana Keliling (TKBK). Kegiatan dimulai 1 Agustus sampai dengan 11 September 2019.

"Sebenarnya pelaksanaannya sampai tanggal 15 September tapi sudah kami selesaikan hari ini (11/9) di Kwangko dan Pulau Bajo," imbuhnya.

Hadir juga dalam pelayanan KB di hari terakhir ini yaitu Sekretaris DPPKB Kabupaten Dompu, Mayordin, S. Sos dan Kabid KB, M. Rifaid.

"Hasil pelayanan ada 59 orang yang menjadi akseptor KB dengan rincian peserta KB Baru (akseptor baru) jenis implan 12 orang,  ulangan implan 3 orang, ganti cara keimplan 7 orang, suntikan KB 5 orang, suntikan ulang 22 orang," ujarnya.

Seluruh Rangkaian Kegiatan pelayanan KB gratis dalam Rangka World Contraception Day di seluruh Desa di kecamatan Manggelewa berakhir lebih awal yaitu Rabu, 11 September 2019.
 "Karena target telah tercapai dengan hasil yang sangat memuaskan," tuturnya.
Disebutnya  capaian Akseptor Baru (AB)  Intrauterine Device (IUD) 5 orang, Implant 188 orang,  STK 55 orang. Total keseluruhan 248 orang atau 22.10% dari Kontrak Kinerja Pemerintah (KKP) untuk AB sebesar 1303 orang di Kecamatan Manggelewa. Secara keseluruhan capaiaan AB sejak Januari 11 September 2019 adalah 1.048 atau 80.42 % dari KKP 1303 orang. 
"Insyaallah sampai bulan Desember 2019 KKP bisa terpenuhi," pungkasnya. (AMIN).