Dinas Dikpora Dompu Gelar Sosialisasi dan Pembinaan Bagi PTK se Kecamatan Woja

Kategori Berita

.

Dinas Dikpora Dompu Gelar Sosialisasi dan Pembinaan Bagi PTK se Kecamatan Woja

Koran lensa pos
Kamis, 19 September 2019
Kadis Dikpora Kab. Dompu, H. Ichtiar, SH didampingi Sekretaris, Abdul Syahid, SH beserta jajaran saat sosialisasi pendidikan dan pembinaan PTK di UPTD Dikpora Kec. Woja, Rabu (18/9/2019).
 Dompu, Lensa Pos NTB -  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu, Rabu (18/9/2019) menggelar Sosialisasi Pendidikan dan Pembinaan bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan se Kecamatan Woja. 

Kegiatan tersebut dihelat di halaman Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dikpora Kecamatan Woja. Sekitar 600 peserta menghadiri kegiatan tersebut. Terdiri dari Kepala TK, SD dan SMP, Pengawas, Penilik, Guru TK Se Kecamatan Woja.


Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, H. Ichtiar, SH dalam arahannya saat membuka kegiatan tersebut menekankan kepada seluruh PTK agar disiplin dalam menjalankan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. Selain itu supaya tetap menjaga kekompakan, kebersamaan, dan saling menghargai satu sama lain sehingga lingkungan pendidikan di tempat tugas masing-masing berada dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan. 

"Diminta juga semuanya harus menggunakan anggaran sesuai juknisnya," tandas pejabat eselon II yang familiar dengan sapaan HI yang merupakan akronim dari namanya H. Ichtiar ini.

Dilanjutkan HI, program baca, tulis dan berhitung (calistung) sudah tuntas. Sekarang dilanjutkan dengan Program baru yaitu Tuntas Iqra'. Dengan program ini diharapkan agar seluruh siswa yang beragama Islam sejak jenjang sekolah dasar bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.

"Diharapkan kerja ektra dari seluruh guru PAI untuk mengajarkan baca Al-Qur'an pada siswanya, sehingga tuntas Iqra' terwujud di Bumi Ngaji Rawi Pahu ini pada jenjang SD, sehingga guru PAI SMP dan SMA tidak mengajarkan lagi baca Al-Qur'an," tandasnya.


 Sementara itu, Kepala Bidan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Saiful Arif, M. Pd mengimbau kepada semua guru agar dapat meningkatkan kompetensinya, kedisiplinan, kreativitas, dan inovatif serta selalu mengikuti perkembangan informasi dan dan Teknologi (IT) agar suasana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah dapat membuat siswa menjadi nyaman dan betah.

"Kreativitas dan inovasi dari para guru sangat berperan  penting dalam mewujudkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan," urainya.

Arif kemudian memaparkan tentang Penguatan Kepala Sekolah, tes Calon Kepala Sekolah, penguatan Pengawas dan Pelatihan Pendidikan Guru bagi yang belum bersertifikasi.

Sedangkan Kepala Bidang PAUD dan DIKMAS, I Made Suprapta, M. Pd  menerangkan segala bentuk layanan pendidikan yang tidak dilayani oleh pendidikan formal akan dilayani oleh pendidikan Non formal. Di dalamnya adalah PAUD dan Pendidikan Masyarakat. (AMIN).