Pegadaian Syariah Dompu Gelar Seminar Haji

Kategori Berita

.

Pegadaian Syariah Dompu Gelar Seminar Haji

Koran lensa pos
Sabtu, 11 Mei 2019

Dompu, Lensa Pos NTB - Pegadaian Syariah Area Dompu, Sabtu (11/5) menyelenggarakan kegiatan Seminar Haji.
Kegiatan yang dihelat di Gedung PKK Dompu itu mengangkat tema "Cara Tepat dan Tepat Dapat Porsi Haji".
Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh H. Rifaid M. Saleh, S. Sos yang membacakan Surah Al-Baqarah ayat 197-201 dan Surah Ali Imran ayat 96-97 yang menerangkan tentang keutamaan haji ke Baitullah.
Seminar dibuka oleh Deputi Pegadaian Area Dompu I Made Sriada.
Dalam sambutannya Sriada mengemukakan bahwa Arrum Haji merupakan salah satu produk pegadaian  untuk memberikan kemudahan bagi kaum muslimin agar bisa menunaikan Rukun Islam yang kelima.
"Melalui produk Arrum Haji dengan emas 3,5 gram atau ekuivalen dengan Rp. 1,9 juta sudah bisa memperoleh nomor porsi haji," ujarnya.
Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Dompu, DR (HC) H. Abdullah Arsyad, S. Ag, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M. Si dan Pimpinan Cabang (Pinca) Pegadaian Syariah Pasar Ginte,  Nur Rochman.
Dalam paparannya Ketua MUI menerangkan bahwa produk Arrum Haji Pegadaian sangat membantu masyarakat untuk merencanakan keberangkatan haji dengan biaya ringan yang bisa diangsur. Produk Arrum Haji ini menggunakan prinsip yassiru walaa tu'assiruu (permudahlah dan jangan mempersulit. . "Produk  pegadaian ini memiliki nilai ta'awwun (saling menolong) yang sangat menonjol," ucapnya.

Dikatakannya ibadah haji adalah ibadah ijtima'iyyah yang merupakan  kumpulan dari segala aspek ibadah. Haji tidak akan bisa terlaksana bila tidak ada biaya. Karena itu produk Arrum Haji sangat meringankan bagi masyarakat.

Sementara itu Kakan Kemenag H. Syamsul H. Ilyas memberikan penjelasan tentang penetapan nomor porsi haji berdasarkan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) serta kuota  haji bagi Provinsi NTB setiap tahunnya.
"Kuota haji NTB setiap tahun adalah 4.476 orang. Daftar tunggu di Kabupaten Dompu 5.197 orang dengan masa tunggu 27 tahun," ungkapnya.
Usai pemaparan ketiga narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan pengundian doorprize.
Peserta seminar yang hadir lebih dari 100 orang yang terdiri dari sejumlah kepala desa, tokoh agama, tokoh wanita dan kalangan umum. Hadir pula pada acara tersebut Kabag Humas dan Protokol Setda Dompu, Muhammad Iksan, S. ST, MM. (AMIN)