Hasil Verifikasi Lapangan Tim Evaluasi KLA di Dompu Cukup Baik Kendati Ada Perbaikan

Kategori Berita

.

Hasil Verifikasi Lapangan Tim Evaluasi KLA di Dompu Cukup Baik Kendati Ada Perbaikan

Koran lensa pos
Sabtu, 18 Mei 2019
Dompu, Lensa Pos NTB - Hasil verifikasi lapangan yang dilakukan oleh Tim Evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak  (KLA) di Kabupaten Dompu pada Kamis (16/5) menunjukkan bahwa Kabupaten Dompu NTB sudah cukup baik di dalam mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan anak.
Hal itu disampaikan Marwan Syaukani dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dan Ernanti dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI pada acara dialog dengan Bupati Dompu Drs H. Bambang M. Yasin bersama Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak di Pendopo Bupati Dompu, Jum'at  (17/5).
Pada kesempatan tersebut Marwan Syaukani yang merupakan Asisten Deputi (Asdep) Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Kementerian P3A RI ini mengemukakan KLA adalah kabupaten /kota yang sistem pembangunannya berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen  dan sumberdaya pemerintah, masyarakat,  dunia usaha dan media yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.
Marwan menyebutkan ada 10 obyek verifikasi lapangan yang telah dilakukan di Kabupaten Dompu. yaitu Sekretariat Forum Anak Dompu  (FAD), Puskesmas Dompu Barat, Puskesmas Dompu Kota, MTsN 1 Dompu,  SDN 07 Woja, Kampung KB Wawonduru,  LKSA-LOA, Taman Terbuka dan Taman Ramah Anak (Tamara).
Dari 10 obyek tersebut ada 7 parameter yang dinilai. Yakni kelembagaan, hak sipil, pengasuhan alternatif, kesehatan, pendidikan, perlindungan khusus anak serta kecamatan dan desa.
Walhasil verifikasi terhadap 7 parameter  tersebut Kabupaten Dompu mendapatkan score nilai 1000, Penilaian Mandiri (PM) 749,01 dan Verifikasi Administrasi  (VA) 688,51.
Selanjutnya atas proses verifikasi tersebut, Tim Evaluasi KLA menyampaikan 8 poin penting sebagai catatan untuk dilakukan perbaikan dan peningkatan. Antara lain Forum Anak Dompu (FAD) telah mengetahui kedudukan, tugas, fungsi dan perannya, kerjasama antar OPD, swasta dan media cukup baik, Puskesmas telah berfungsi dengan  optimal namun memerlukan beberapa perbaikan, sekolah ramah anak cukup baik, Kepala sekolah dan guru telah mengetahui pemenuhan hak anak namun perlu beberapa perbaikan, di antaranya pengembangan dan perbaikan zona sekolah dan sistem pembinaan terhadap siswa.
Selanjutnya Kampung KB telah berjalan cukup baik, namun perlu sosialisasi tentang KLA dan hak-hak anak, ruang terbuka sudah cukup baik namun memerlukan beberapa perbaikan sarana dan kebersihan serta pemilihan tanaman, Layanan Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) sudah cukup baik namun masih perlu peningkatan terhadap hak anak, serta Pengadilan Negeri telah dilengkapi ruang sidang khusus anak tetapi perlu perbaikan layout agar lebih ramah anak dan peran pembinaan agar lebih terasa.
Sementara itu Bupati Dompu Drs H. Bambang M. Yasin mengapresiasi kerja keras dan kerjasama OPD terkait di dalam mewujudkan fasilitas pelayanan yang ramah anak di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini. (AMIN)