Bali, NTB, NTT Kembali Diguncang Gempa

Kategori Berita

.

Bali, NTB, NTT Kembali Diguncang Gempa

Koran lensa pos
Selasa, 29 Mei 2018

Mataram, Lensa Post NTB -  Wilayah Bali, NTB dan NTT kembali diguncang gempa tektonik, Selasa, (29/5/2018) sekitar pukul 03.25.26 WIB. Agus Riyanto, SP, MM selaku Kepala Stasiun Geofisika Mataram menjelaskan, hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=5,6. Episenter terletak pada kordinat 9,29 LS dan 118,42 BT atau tepatnya pada jarak 84 km Baratlaut arah Sumba Baratdaya NTT pada kedalaman 10 km .

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Mataram, Sumbawa, Bima, dan Tambolaka dalam skala intensitas II SIG (III-IV MMI). Di daerah ini guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Selain itu, di Kuta guncangan lemah dirasakan dalam skala intensitas I SIG (II MMI). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Agus Riyanto  menambahkan,  Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif.Hingga pukul 05:11 WITA, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di wilayah Bali, NTB Dan NTT dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Tim Lensa Post NTB)