Asrama Santri Ponpes NW Jamaatul Ilmi Resmi Dibangun

Kategori Berita

.

Asrama Santri Ponpes NW Jamaatul Ilmi Resmi Dibangun

Koran lensa pos
Sabtu, 19 Mei 2018
Dompu, Lensa Post NTB - Peletakan batu pertama oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M. Si, tandai dimulainya pembangunan Asrama Santri Pondok Pesantren Jamaatul Ilmi Nahdhatul Wathan (NW) di Desa Nusa Jaya Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu NTB, pagi tadi, Sabtu (19/5). Hadir mendampingi Kakan Kemenag Dompu, yakni Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren), Drs. H. Hasaruddin, M. Pd dan Kasi Pendidikan Madrasah, Drs. H. Muh. Ikhsan, MM.  Hadir pula Sekretaris Desa Nusa Jaya Imeran, Pimpinan Ponpes Jamaatul Ilmi NW Kaharuddin, SE, Pimpinan Ponpes Al-Ittihad, Faizin, S.Pd.I dan Pimpinan Ponpes Al Majidiyah Imam Jayadi, Q.H,S.Pd.I.
Dalam sambutannya, Kakan Kemenag menyampaikan bahwa pondok pesantren dari zaman ke zaman telah berperan besar di dalam mencetak ulama dan generasi yang berakhlaqulkarimah. Karena itu, diharapkan Ponpes Jamaatul Ilmu dan Ponpes-ponpes lainnya yang ada di Kabupaten Dompu dapat senantiasa merawat tradisi dan mengawal inovasi."Merawat tradisi artinya terus memelihara kebaikan-kebaikan yang sudah ada seperti menebar kebaikan di tengah umat dan mencetak ulama. Sedangkan mengawal inovasi artinya pondok pesantren harus memiliki inovasi-inovasi baru di dalam melaksanakan program-program yang ada di dalamnya," jelasnya.
Terkait kondisi terkini yang marak dengan aksi-aksi teror, pondok pesantren tak luput dari tudingan-tudingan miring yang sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak tertentu. Maka diingatkan seluruh elemen di dalam pondok pesantren untuk selalu menebarkan kemaslahatan-kemaslahatan kepada umat.

"Islam adalah rahmatan lil alamin. Tidak ada dalam Islam mengajarkan kekerasan dan teror. Tetapi mengajarkan kasih sayang," tegasnya. Di akhir sambutannya, Kakan Kemenag berharap para santri yang ada di Ponpes tersebut menjadi kader-kader bangsa yang menjadi harapan masyarakat."Mudah-mudahan Ponpes ini melahirkan anak-anak yang tafaqqahu fiddiin (faham dalam agama)," harapnya.

Pembangunan asrama santri tersebut merupakan bantuan dari Kanwil Kemenag Provinsi NTB."Kami berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini dan atas bantuan yang diberikan oleh Kemenag," ujar Juswadi Iskandar, S. Pd.Sementara itu, Kasi PD Pontren Kemenag Dompu, Drs. Hasaruddin, M. Pd mengungkapkan ada juga beberapa ponpes lain yang memdapatkan bantuan berupa Bantuan Operasional Pendidikan (BOP). (EMO - Biro Dompu)