Program Inseminasi Buatan Beri Nilai Tambah bagi Peternakan di Dompu

Kategori Berita

.

Program Inseminasi Buatan Beri Nilai Tambah bagi Peternakan di Dompu

Koran lensa pos
Rabu, 19 Juni 2024
Bupati Dompu, H. Kader Jaelani saat memberikan sambutan sebelum pelaksanaan Salat Idul Adha 1445 H di Lapangan Beringin, Senin (17/6/2024)



koranlensapos.com - Salah satu program teknologi peternakan di Kabupaten Dompu yang diunggulkan yakni Inseminasi Buatan (IB). Program ini telah cukup memberikan nilai tambah bagi pengembangan peternakan sapi di Kabupaten Dompu dalam beberapa tahun ini.

Hal itu disampaikan Bupati Dompu, H. Kader Jaelani sebelum pelaksanaan Salat Idul Adha 1445 H di Lapangan Beringin, Senin (17/6/2024).

"Keberhasilan program inseminasi buatan terhadap produktivitas peternakan sapi juga memberikan nilai tambah bagi petani dalam usaha tani peternakan di Dompu," sebutnya.

Bupati melanjutkan program IB 
telah mampu menghasilkan sapi-sapi berkualitas yang tentu saja menguntungkan bagi para petani ternak. 

Selain itu, sambungnya, pemberian pakan yang intensif juga mampu meningkatkan berat badan sapi yang pada gilirannya mampu menambah nilai ekonomi dan pendapatan masyarakat.  


Dikatakannya pula, keberhasilan produktivitas sapi di Kabupaten Dompu dilirik oleh daerah lain. Hal ini terbukti dengan kunjungan studi banding TPID Kalimantan Tengah ke daerah bermoto Nggahi Rawi Pahu itu guna menjajaki kerja sama antar daerah untuk pengiriman ternak sapi tambora. 

"Hal ini merupakan implementasi dari program JARAPASAKA sektor peternakan demi mewujudkan Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius)," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati AKJ juga mengimbau masyarakat Kabupaten Dompu, untuk tidak perlu khawatir dalam mengonsumsi daging kurban.

"Karena hewan kurban di Kabupaten Dompu insyaallah bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan lain-lain," ujarnya.

Ditegaskan Bupati, Vaksinasi telah dilakukan kepada hewan ternak terutama sapi, agar penularan PMK dapat diantisipasi. 

Demikian pula untuk hewan kurban yang datang dari luar daerah, Pemda Dompu melalui dinas terkait juga telah mengantisipasi di pintu-pintu masuk dengan melakukan pemeriksaan dan menandai hewan yang sehat dengan kalung khusus.


Bupati mengemukakan pula pada tahun ini populasi ternak terutama sapi potong meningkat.

"Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu telah dilakukan pengiriman ke luar daerah lewat darat dan jalur tol laut," ujarnya. (emo).