Babinsa Mbuju bersama Kapoktan Pantau Lahan Pertanian Warga

Kategori Berita

.

Babinsa Mbuju bersama Kapoktan Pantau Lahan Pertanian Warga

Koran lensa pos
Selasa, 30 April 2024

Kegiatan peninjauan lahan pertanian oleh Babinsa Mbuju dan Ketua Kelompok Tani


Dompu, koranlensapos.com -  Pasca pelaksanaan penanaman pada tanaman padi di sawah, tentunya belum selesai dan kita tinggalkan begitu saja sampai waktunya panen tiba, prinsip dan pemahaman seperti itu salah besar, usai dilakukan penanaman, itu baru langkah awal dari uraian urut-urutan kegiatan dalam perawatan dan pemeliharaan pada tanaman padi. 

Padi yang baru selesai ditanam harus rutin dipantau dan dicek guna memahami dan mengetahui proses perkembangan dalam pertumbuhannya, termasuk pencegahan awal dari serangan hama maupun gulma yang biasanya akan menghambat dalam proses pertumbuhan, dan waktunya pemberian nutrisi berupa pupuk maupun penyemprotan pestisida guna pencegahan awal dari serangan hama pada tanaman padi, termasuk kebutuhan pengairannya.

Oleh karena itu, Babinsa Desa Mbuju Koramil 1614-04/Kilo Sertu Nurdin bersama Ketua kelompok tani di So Padada Desa Mbuju Kecamatan Kilo) terjun ke lokasi guna mengecek kondisi lahan pertanian padi milik warga masyarakat bina'anya, Selasa (30/04/2024) Pukul 09.30 Wita.

Setelah Babinsa Mbuju mendapatkan laporan berupa keluhan dari warga terkait kondisi yang di alami oleh tanaman padi saat ini yang berlokasi di So Padada sedang mengalami kekeringan akibat debit air yang kurang, bahkan sebagian dari lahan padi milik warga banyak yang sudah kering.

Oleh karena hal tersebut, tampa pikir panjang karna Kita selaku TNI AD sudah berkomitmen untuk  menyukseskan "Program Ketahanan Pangan Nasional" dan kelangsungan kebutuhan sandang pangan serta ekonomi warga masyarakat bina'anya. Para petani yang ada di So Padada meminta bantuan kepada Babinsa dengan harapan mungkin ada solusi maupun jalan keluar untuk kendala air tersebut.

Kami selaku Babinsa bersama Pemerintah Desa sesegera mungkin akan berusaha keras untuk berkomunikasi dengan Desa tetangga agar stok air di Bendungan di atas agar di bagikan juga ke lahan kita yang saat ini betul-betul membutuhkan.
"Saya berharap untuk sementara waktu para petani agar bersabar dan memanfaatkan sumur bor seadanya dan semoga ada hujan yang turun lagi," harap Babinsa. (Pendim1614).