Babinsa Daha Bantu Warga Halau Sapi Masuk Lahan Pertanian

Kategori Berita

.

Babinsa Daha Bantu Warga Halau Sapi Masuk Lahan Pertanian

Koran lensa pos
Minggu, 28 April 2024

Babinsa Daha Koramil 1614-03/Hu'u, Sertu Abdullah Maulana membantu para petani menghalau kawanan sapi yang memasuki kawasan pertanian, Sabtu sore (27/4/2024)


Dompu, koranlensapos.com -Pada umumnya Warga masyarakat di Dusun Tolo Ncagga Desa Daha di samping berprofesi sebagai petani, mereka juga kebanyakan berternak kambing dan sapi. Tentunya akan timbul permasalahan baru bila sesama warga tidak saling menjaga.

Seperti yang terjadi pada Sabtu (27/4/2024) kemarin. Sekawanan sapi memasuki lahan persawahan dan memakan tanaman padi.
Akibatnya para petani pemilik padi merasa dirugikan.

Mengantisipasi terjadinya permasalahan antar warga, 
Babinsa Desa Daha Koramil 1614-03/Hu'u, Sertu Abdullah Maulana membantu warga binaannya mengusir kawanan sapi itu.


Babinsa mengimbau kepada para pemilik ternak agar diikat atau dikandangkan selama padi warga yang lain belum selesai di panen. 

"Supaya sama-sama saling menjaga agar tidak masuk di lahan pertanian warga lain yang belum dipanen padinya," pinta Babinsa.

Babinsa berharap agar kejadian ini tidak terulang lagi, karena ini sangat merugikan bagi warga petani padi yang lain.

"Sesuai kesepakatan bersama yang kita rapatkan di kantor Desa beberapa bulan yang lalu, sebagai sanksi bagi pemilik sapi diharuskan untuk membayar "Oco" (denda atau ganti rugi) sejumlah kerugian yang dialami oleh warga petani pemilik padi, dan harus disepakati secara adil dan disaksikan bersama aparat Pemerintah Desa setempat," terang Babinsa. (Pendim1614).