4 Pengunjung Lakey Terseret Ombak, Satu MD, Kapolsek Hu'u Ungkap Kronologisnya

Kategori Berita

.

4 Pengunjung Lakey Terseret Ombak, Satu MD, Kapolsek Hu'u Ungkap Kronologisnya

Koran lensa pos
Selasa, 02 Januari 2024

Proses evakuasi terhadap korban tenggelam di laut kawasan Pantai Lakey Hu'u , Senin sore (1/1/2024)

Dompu, koranlensapos.com - Empat orang anak perempuan yang sedang mandi tiba-tiba terseret gulungan ombak Pantai Lakey Desa Hu'u Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu NTB (tepatnya di depan kafe The Wreck) pada Senin sore (1/1/2024) sekitar pukul 17.30 Wita. 

Keempatnya bernama Salsabila, Nur Alia Hasanah, Saliva (ketiganya sama-sama berumur 13 tahun dan berstatus pelajar SMP) dan Santika Putri (10) pelajar SD. Keempatnya beralamat sama di Dusun Rasanggaro Barat Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu.

Usai kejadian tersebut, para pengunjung Pantai Lakey tiba-tiba berteriak mencari pertolongan. Kapolres Dompu, AKBP Zulkarnain, S.IK yang berada tidak jauh dari TKP langsung memerintahkan Kapolsek Hu'u IPDA Sumaharto bersama anggota Polres dan Polsek Hu'u untuk segera memberikan pertolongan terhadap korban tenggelam.


Keempat anak perempuan  kemudian dievakuasi dan langsung dilarikan ke Puskesmas Rasabou untuk mendapatkan perawatan secara medis. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis terhadap ke 4 anak-anak tersebut maka salah satu di antaranya yakni bernama Salsabila tidak dapat diselamatkan dinyatakan telah meninggal dunia. Sedangkan 3 orang lainnya selamat dan masih mendapat perawatan medis di Puskesmas Rasabou.

Kapolsek Hu'u, IPDA Sumaharto yang dikonfirmasi koranlensapos.com via WhatsApp-nya mengungkapkan 
kronologis kejadian berdasaran informasi yang diperoleh di lapangan. Berawal sekitar pukul 17.15 wita ke- 4 anak tersebut di atas bersama-sama mandi di sekitar pantai Lakey depan Cafe The Wreck. 

"Pada saat itu kedalaman air sekitar setinggi lutut orang dewasa. Tidak lama kemudian tiba-tiba ombak datang yang tingginya sekitar 1 meter langsung menghantam ke 4 orang anak tersebut sehingga ke mereka terseret dan tenggelam," ungkap Kapolsek berdasarkan laporan masyarakat di TKP.

Dengan adanya kejadian tersebut, lanjutnya warga dan pengunjung yang ada di sekitar lokasi bersama Aparat Kepolisian Polres Dompu dan Polsek Hu'u melakukan pertolongan terhadap ke 4 anak-anak yang tenggelam tersebut.

Sekitar pukul 18.00 wita setelah dilakukan pertolongan dan evakuasi terhadap ke 4 anak-anak tersebut Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain, S.I.K didampingi Kapolsek Hu'u IPDA Sumaharto bersama personel lainnya membawa ke 4 anak-anak tersebut ke Puskesmas Rasabou untuk mendapatkan perawatan secara medis lebih lanjut. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis terhadap ke 4 anak-anak tersebut maka Salsabila tidak dapat diselamatkan (dinyatakan telah meninggal dunia, dan 3 orang lainnya selamat.

Setelah dilakukan koordinasi, orang tua (ibu) dari anak yang tenggelam MD menerima kejadian tersebut, Sang ibu menganggap bahwa itu merupakan musibah dan ajal bagi anaknya. Karena itu ia menolak untuk dilakukan visum dan tidak akan menuntut siapapun di kemudian hari.


Sekitar pukul 18.30 wita jenazah almarhumah Salsabila dibawa ke rumah duka dengan menggunakan mobil Ambulance Puskesmas Rasabou. (emo).