Dandim 1614/Dompu Instruksikan Babinsa Cegah Karhutla

Kategori Berita

.

Dandim 1614/Dompu Instruksikan Babinsa Cegah Karhutla

Koran lensa pos
Selasa, 31 Oktober 2023
Imbauan Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M terkait larangan Karhutla



Dompu, koranlensapos.com - Komandan Kodim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati S.T.,M.M menginstruksikan kepada para Babinsa agar meminimalisir dan mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah binaan masing-masing


Penegasan itu disampaikan Dandim usai pelaksanaan Sholat Jumat (27/10/2023) di Masjid Al-Munaady Makodim 1614/Dompu.

"Kepada para Danramil agar menyampaikan kepada seluruh Babinsa untuk melakukan langkah pencegahan dari kebakaran hutan dan lahan," pintanya.

Dandim menyampaikan rasa keprihatinan melihat kerusakan hutan yang begitu masif di Kabupaten Dompu. Karena itu, TNI harus mengambil peran di dalam mencegah terjadinya karhutla. Sebab karhutla akan mengakibatkan penyebaran api yang lebih meluas sehingga membakar kawasan hutan dalam skala lebih luas lagi. Apalagi di puncak musim kemarau ini rerumputan kering kerontang sehingga mudah terbakar. Ditambah lagi dengan hembusan angin yang akan memperluas lokasi penyebaran api.

Dandim menegaskan agar para Babinsa terus meningkatkan kerjasama, komunikasi dan koordinasi yang baik dengan warga masyarakat di wilayah binaannya agar dapat mencegah adanya titik api sekecil apa pun di wilayah binaan masing-masing.
 

"Penanganan kebakaran hutan dan lahan itu diperlukan kerja sama yang solid dan sinergitas yang baik bersama warga masyarakat setempat," tandasnya. (emo).