Peduli Pengembangan Ternak, Dandim 1614/Dompu dan Kadisnak Keswan Teken MOU Budidaya Indigofera Zollingeriana

Kategori Berita

.

Peduli Pengembangan Ternak, Dandim 1614/Dompu dan Kadisnak Keswan Teken MOU Budidaya Indigofera Zollingeriana

Koran lensa pos
Jumat, 08 September 2023
Penandatanganan nota kesepakatan antara Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M dengan Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh, SE., M. Si terkait budidaya Indigofera Zollingeriana sebagai tanaman hijauan pakan ternak berkualitas. Kegiatan itu digelar di Aula Makodim 1614/Dompu, Jumat (8/9/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Aula Makodim 1614/Dompu, Jumat pagi (8/9/2023) berlangsung penandatanganan nota kesepakatan antara Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M dengan Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh, SE., M. Si.

MOU yang ditandatangani tersebut tentang kesepakatan bersama untuk budidaya Indigofera Zollingeriana.



Hadir pula dalam acara tersebutPasi Intel Kodim 1614/Dompu Kapten Inf.Adisan, Pasi Ter Kapten Inf.M.Yamin, anramil 1614-03/Hu,u Kapten Inf Muslimin, Danramil 1614-04/Kilo Kapten Inf.Mahdin, dan Danramil 1614-06/Manggelewa Lettu inf Syaifuddin.


Dandim menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan penandatanganan MOU tersebut dan berharap semoga bermanfaat bagi Kodim 1614/Dompu dan masyarakat Dompu pada umumnya.


Kadisnak Keswan, Muhammad Abduh juga menyambut positif adanya kerja sama tersebut. 

"Kerja sama ini adalah pertama kali antara pihak kodim Dompu dengan Dinas Peternakan. Kegiatan ini luar biasa menunjukkan begitu besar dukungan dari pihak Kodim 1614/Dompu terhadap sektor peternakan," ujarnya.

Abduh sekilas menerangkan tertuang di RPJMD Kabupaten Dompu 2021-2026 sasaran sektor peternakan adalah peningkatan populasi dengan indikator utamanya peningkatan produksi dan produktivitas.

"Peningkatan populasi jadi salah satu strateginya adalah peningkatan kualitas dan kuantitas artinya sudah tepat sekali apa yang menjadi program sekarang kolaborasi Kodim dan Dinas Peternakan. Ini sangat luar biasa sekali lagi kami berterima kasih kepada keluarga besar Kodim Dompu yang sudah mendukung dalam rangka peningkatan populasi yaitu dengan penyediaan pakan ternak berkualitas ini," ucapnya.


Abduh berharap ke depan ada kerja sama dalam hal pemanfaatan limbah pertanian yang selama ini terbuang begitu saja. 

"Mungkin itu harapan saya pola kerjasama kolaborasi dengan pihak Kodim 1614/Dompu dalam rangka pemanfaatan limbah pertanian yang ada di tempat lingkungan sekitar," harapnya.

Untuk diketahui, lanjutnya bahwa ketersediaan limbah pertanian yang ada di Kabupaten Dompu ini bukan ratusan tapi ribuan ton jumlahnya. Namun belum diolah secara efektif.

"Mungkin ini ke depannya ada pola kerjasama lagi dalam hal pengolahan limbah pertanian dalam sisi fermentasi.

"Itu pun sudah kami lakukan di Dinas Peternakan tapi ke depannya Kami sangat membutuhkan lagi kolaborasi dengan Kodim Dompu.
Mungkin dengan adanya keterlibatan Kodim sendiri kegiatan pengolahan pakan fermentasi pemanfaatan limbah pertanian akan lebih mencapai.keberhasilan," pintanya.


Apakah Indigoferao Zollingeriana?

Indigoferao Zollingeriana adalah legum (tanaman perdu) yang dapat digunakan sebagai pakan ternak dan baru dikembangkan di Indonesia.

Tanaman ini memiliki kandungan protein kasar yang tinggi setara dengan alfafa (25 -23). Kandungan mineral yang tinggi ideal bagi ternak perah, struktur serat yang baik dan nilai kecernaan yang tinggi bagi ternak ruminansia. Meskipun Indigofera tergolong tanaman yang baik sebagai sumber bahan baku pakan berkualitas, namun peternak belum banyak memanfaatkan hijauan tanaman ini karena masih terbatas ketersediaanya akibat belum banyak diproduksi.


Indigofera zollingeriana dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang kaya akan nitrogen, fosfor dan kalsium. Indigofera zollingeriana sangat baik dimanfaatkan sebagai hijauan pakan ternak dan mengandung protein kasar 27,946, serat kasar 15,2596, kalsium 0,2296, dan fosfor 0,189. Legume Indigofera zollingeriana memiliki kandungan protein yang tinggi, toleran terhadap musim kering, genangan air dan tahan terhadap salinitas dan kandungan protein yang tinggi (2696 -319Y6) disertai kandungan serat yang relatif rendah dan tingkat kecernaan yang tinggi (7796). 


Tanaman ini sangat baik sebagai sumber hijauan baik sebagai pakan dasar maupun sebagai pakan suplemen sumber protein dan energi, terlebih untuk ternak dalam status produksi tinggi (laktasi) karena toleran terhadap kekeringan, maka Indigofera zollingeriana dapat dikembangkan di wilayah dengan iklim kering untuk mengatasi terbatasnya ketersedian hijauan terutama selama musim kemarau. 

Keunggulan lain tanaman ini adalah kandungan taninnya sangat rendah berkisar antara 0,6 -1,4 ppm (jauh di bawah taraf yang dapat menimbulkan sifat anti nutrisi). (emo).