Asah Kemampuan Prajurit, Kodim 1614/Dompu Gelar Latbakjatri Triwulan III 2023

Kategori Berita

.

Asah Kemampuan Prajurit, Kodim 1614/Dompu Gelar Latbakjatri Triwulan III 2023

Koran lensa pos
Sabtu, 26 Agustus 2023
Kegiatan latihan menembak Kodim 1614/Dompu di Lapangan tembak Desa Lune Kecamatan Pajo, Kamis (24/8/2023)



Dompu, koranlensapos.com -Salah satu upaya Pimpinan Komando Atas dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan juga keterampilan dalam menembak bagi setiap Prajuritnya, Kodim 1614/Dompu menggelar kegiatan Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) Triwulan III Tahun 2023, Kamis (24/8/2023).

Latbakjatri Triwulan III Tahun Anggaran 2023 ini berlangsung di Lapangan Tembak Kodim 1614/Dompu yang berlokasi di Desa Lune Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu.

Kegiatan ini merupakan Program rutin yang diselenggarakan oleh Kodim 1614/Dompu di setiap triwulan dalam setahun, guna mengasah kemampuan Prajurit dalam hal menembak.

Sesuai instruksi dari Perwira Seksi Operasional Kodim 1614/Dompu Kapten Inf Adisan, Pelaksanaan kegiatan Latbakjatri di triwulan III/tahun 2023 ini berlangsung selama dua hari, terhitung mulai tanggal 24 agustus 2023 hingga tanggal 25 agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Prajurit Kodim 1614/Dompu.

Kegiatan diawali dengan apel pengecekan kelengkapan personel dan meterial sekaligus Berdo'a yang dipimpin Pasi Ops Kodim 1614/Dompu.

"Kemampuan menembak merupakan salah satu modal dasar bagi setiap Prajurit yang harus dikuasai dan dipelihara secara terus menerus serta kontinyu. Oleh karena itu dibutuhkan latihan yang terarah dan terencana," ucap Pasi Ops.

Komandan Kodim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M menekankan bahwa, latihan menembak senjata ringan ini merupakan program dari Komando atas dan dilaksanakan berdasarkan kalender latihan satuan yang dilaksanakan setiap triwulan dalam setiap tahun.

"Dengan diselenggarakannya latihan menembak secara rutin setiap triwulan ini, diharapkan kepada setiap personel dapat meningkatkan kemampuan menembak, minimal mencapai tingkat mampu pada materi menembak tepat," tandas Dandim.

Pada kesempatan tersebut, Dandim juga mengingatkan kepada para pelatih dan pendukung serta seluruh pelaku latihan menembak agar tetap menjaga faktor keamanan selama pelaksanaan sampai selesai latihan menembak.

"Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama yang nantinya dapat merugikan personel, material dan juga satuan," jelasnha.


Dandim mengingatkan pula agar melaksanakan latihan menembak  dengan tulus, ikhlas dan penuh semangat. Namun yang terpenting tetap memperhatikan faktor keamanan.

"Karena suksesnya dalam pelaksanaan suatu latihan, tergantung dari hasil akhir pelaksanaan latihan yaitu keeamananya. Oleh karena itu prioritaskan faktor keamanan, ikuti semua petunjuk dan arahan dari masing-masing pengawas lajur dan Pemimpin Petembak, dan apabila  terjadi kendala atau gangguan pada senjata bagi petembak agar segera laporkan sehingga dapat segera diatasi oleh pengawas lajur," paparnya.

Mekanisme dalam pelaksanaan Latbakjatri yakni para petembak berada di Daerah Persiapan guna mengambil senjata dan munisi, kemudian menuju ke Rik awal, dan ke lajur penembakan masing-masing sesuai nomor urut. Selanjutnya elakukan tembakan koreksi sebanyak 3 butir munisi sesuai instruksi aba-aba Pimimpin petembak.

Selesai tembakan koreksi, para petembak melanjutkan dengan tembakan penilaian sebanyak 10 butir munisi dan selesai menembak para petembak melakukan tindakan keamanan dengan mengosongkan senjata dan menuju ke pemeriksaan akhir.

Sebagaimana biasa, kegiatan diakhiri dengan Apel pengecekan dan Berdoa. (emo).