Wakil Wali Kota Bima Buka Resmi MTQ Ke-XVII Tingkat Kecamatan Mpunda

Kategori Berita

.

Wakil Wali Kota Bima Buka Resmi MTQ Ke-XVII Tingkat Kecamatan Mpunda

Koran lensa pos
Kamis, 06 Juli 2023

Kota Bima, Lensa Pos NTB – Pemukulan gong oleh Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan, SH tandai pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XVII Tingkat Kecamatan Mpunda, rabu malam (5/7/2023).  Hadir pada kesempatan tersebut, Bapak Drs. Edy Suharmanto, M.Si yang kini menjabat Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri RI.


Pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Mpunda yang di pusatkan di Kelurahan Manggemaci RT. 01 RW. 01 terbilang cukup ramai. Hadir pula mendampingi Wakil Walikota Bima, Para Assisten lingkup Sekretariat Daerah Kota Bima, beberapa Pimpinan OPD, Ketua Komisi II DPRD Kota Bima Taufik H.A.Karim,SH, Camat Mpunda dan beberapa Lurah se Kecamatan Mpunda.


Ketua Panitia, Zahruddin HMS, SH dalam laporannya menyampaikan, bahwa MTQ Tingkat Kecamatan Mpunda tahun 2023 ini mengusung tema, “Dengan MTQ Meneguhkan Nilai Al Qur’an Menuju Kota Bima yang Cerdas, Modern dan Religius”, slogan ini menggambarkan sosok Pemimpin hebat Kota Bima, dibawah kendali H. Muhammad Lutfi, SE dan Feri Sofiyan, SH sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bima memiliki jiwa dan semangat dibarengi niat yang tulus dalam membangun Kota Bima yang religius.


Zahruddin juga menambahkan, Pelaksanaan MTQ ke XVII Tingkat Kecamatan Mpunda Kota Bima ini, akan dihelat selama 3 hari, mulai tanggal 5 Juli s/d 8 Juli 2023. Adapun dana untuk kegiatan dimaksud menurutnya, murni bersumber dari Anggaran Pemerintah Kota Bima. MTQ Tingkat Kecamatan Mpunda ini, tambah Zahruddin diikuti oleh 120 Peserta utusan dari 10 Kelurahan se Kecamatan Mpunda. Harapannya semoga pelaksanaan dari awal hingga akhir berjalan aman dan lancar, tanpa ada kendala yang berarti, harapnya.


Acara diawali penampilan berbagai kesenian bernuansa Islami, selanjutnya pembacaan surat keputusan Dewan Hakim dan Seksi Musabaqah oleh Sekretaris Camat Mpunda, Syahrial Nuryadin, S.IP,MM dan pelantikan yang dipimpin Camat Mpunda Ir. Maaruf.      


Sementara itu, Wakil Walikota Bima, Feri Sofyan, SH dalam sambutan tunggal mengapresiasi kepada Panitia Penyelenggara yang telah menyuguhkan panggung yang cukup apik dan enak dipandang mata. Hasil tidak akan bisa seperti ini, jika tidak ada kerjasama dari masyarakat khususnya kelurahan Manggemaci. 


Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota juga menerangkan bahwa tahun ini merupakan tahun terakhir, karena kami akan memasuki purna tugas, dan ini adalah kesempatan terakhir kami membuka dan menutup perhelatan apapun di Kota Bima. Tanggal 29 September 2023 nanti, kami harus menyelesaikan tugas sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bima. Kami memohon maaf bila ada kekurangan dan kekhilafan, baik atas nama Pemerintah maupun Pribadi dan keluarga.


Feri Sofyan menambahkan, bahwa roda Pemerintahan terus berjalan, nanti akan diisi oleh penjabat sementara sambil menunggu Pilkada tahun 2024. Siapapun yang menjabat nantinya, itulah pemimpin kita yang harus dipatuhi dan diikuti, ungkapnya.  Feri Sofiyan juga secara gamblang membeberkan, bahwa tujuan MTQ ini untuk mendidik anak yang rabani dan berjiwa Qur’ani. 


Momentum MTQ ini bukan sekedar seremonial, tetapi memang kita harapkan menjadi momentum untuk membumikan Al Quran di Kota Bima, dengan tujuan generasi ini bisa membaca, menghayati dan mengamalkan isi Al Qur’an dengan baik. Wawali menambahkan, saat ini kita membutuhkan generasi yang memiliki komitmen dan berkarakter, untuk itu mereka harus dibentengi dengan ilmu agama, ungkapnya.


Selain itu, lanjut Wakil Walikota Bima, jadikan MTQ ini sebagai momentum untuk evaluasi dan merefleksi diri, karena dalam dua tiga tahun terakhir ini Kota Bima mengalami degradasi atau kemerosotan yang signifikan dalam prestasi di bidang agama, terutama kegiatan MTQ ditingkat Provinsi, ini menjadi catatan penting bagi kita semua. Mari kita berkomitmen dengan kita mempelajari Al Qur'an, ini sebagai momentum syiar Islam, tutup Wakil Walikota Bima sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan MTQ ke XVII tingkat Kecamatan Mpunda tahun 2023. (Rilis : Abdul Sukur)