Polisi Ungkap Fakta Terkait Laka Lantas Maut di Desa Jambu

Kategori Berita

.

Polisi Ungkap Fakta Terkait Laka Lantas Maut di Desa Jambu

Koran lensa pos
Rabu, 26 Juli 2023


Olah TKP yang dilakukan pihak Sat Lantas Polres Dompu usai kejadian laka lantas yang menewaskan Andi Suwardi bersama istrinya Rahmawati dan anaknya M. Gibran pada Senin siang (24/7/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Kecelakaan di Jalan Lintas Desa Jambu tepatnya di Dusun Pandai Desa Jambu Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu, Senin siang (24/7/2023) kemarin memang menimbulkan duka yang mendalam bagi masyarakat Dompu.

Pasalnya tiga nyawa melayang sekaligus dalam peristiwa tragis itu. Yakni sepasang suami istri beserta anak balitanya. 


Kasat Lantas Polres Dompu, AKP Hermansyah mengungkap sejumlah fakta terkait laka lantas maut itu. Sejumlah fakta itu berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dilakukan oleh Satuan Lantas Polres Dompu.

Laka lantas terjadi pada hari Senin (24/7/2023) sekitar pukul 13.20 Wita. TKP di Jalan Lintas Mbawi -  Jambu Dusun Pandai Desa Jambu Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu.

Adapun kendaraan yang terlibat kecelakaan yakni Roda 6 Type Hino EX L. TRUCK Model MD/DUMP, Warna Hijau bernomor polisi DR 6833 AF dan Kendaraan R2 Yamaha X-RIDE Warna Hitam No. Pol. : EA 4678 PA.
Pengemudi dump truck bernama Yaser (35) beralamat di Dusun Daha Barat, RT/RW 005/002, Desa Daha Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu.
Sedangkan pengendara sepeda motor yaitu Andi Suwardi (28) alamat Dusun Wawonduru Barat RT/RW 009/000, Desa Wawonduru, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu.

Kondisi jalan rata dan lurus dengan lebar 360 Cm. Ruas jalan beraspal dalam kondisi baik dan kering. Sedangkan cuaca cerah siang hari. Arus lalu lintas sepi lancar, serta jauh dari pemukiman.

Kasat Lantas kemudian mengungkapkan kronologis terjadinya laka maut itu.

Kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan diduga datang dari arah  berlawanan. Dump truck yang dikendarai Yaser melaju dari arah utara (Cabang Cakre/Mbawi) menuju arah selatan (Jambu/Kecamatan Pajo). Sementara R2 Yamaha X-Ride DR 4678 PA  datang dari arah Selatan/Pantai Felo Janga Desa Jambu menuju arah  utara (Mbawa/Cabang Cakre).

Pengendara sepeda motor bernama Andi Suwardi (28) berboncengan dengan istrinya bernama Rahmawati (25) dan anaknya bernama M. Gibran (3 tahun). Ketika sampai di TKP,  tiba-tiba dua ekor sapi melintas dari arah kiri jalan pengendara sepeda motor. Pengendara tidak sempat mengerem dan menghindar, yang kemudian menabrak salah satu sapi tersebut. Akibatnya pengendara sepeda motor Andi Suwardi jatuh dan terpental dari kendaraan ke arah kanan jalan.  Sedangkan korban yang dibonceng yakni istrinya Rahmawati  terlempar ke tengah jalan. Drmikian juga sang anak yang saat itu digendong oleh ibunya Rahmawati terlepas dan  terlempar ke jalan aspal. 

Bersamaan dengan itu, dari arah berlawanan datang dump truck warna hijau nopol : DR 8633 AF yang melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi. Pengemudi dump truck
tidak sempat mengerem dan langsung melindas pengendara sepeda motor Andi Suwardi yang terjatuh. Badan Andi mengenai ban belakang sebelah kanan. Usai melindas Andi, pengemudi dump truck Yaser tetap tidak menghentikan kendaraannya. Hal itu mengakibatkan penumpang sepeda motor Rahmawati masuk ke kolong kendaraan dump truck. Tubuh Rahmawati tersangkut di gardan belakang dump truk sehingga korban terseret sejauh kurang lebih 6 KM ke arah Selatan (Felojanga).

Akibat kejadian itu, pengendara sepeda motor, Andi Suwardi bersama istrinya Rahmawati dan putranya M. Gibran meninggal dunia. (emo).