PD AMAN Dompu Minta Pemda Segera Realisasikan Pembangunan Museum

Kategori Berita

.

PD AMAN Dompu Minta Pemda Segera Realisasikan Pembangunan Museum

Koran lensa pos
Selasa, 04 Juli 2023

 

Ketua PD AMAN Dompu, Wahyuddin


Dompu, koranlensapos.com - Pengurus Daerah (PD) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Dompu meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu agar segera merealisasikan pembangunan museum. 

Hal itu disampaikan Ketua PD AMAN Kabupaten Dompu, Wahyuddin kepada koranlensapos.com beberapa hari lalu. 

"Kami meminta kepada Pemda Dompu agar segera mewujudkan museum untuk penyimpanan benda-benda bersejarah dan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Dompu," pintanya.

Dikatakan Wahyuddin, pihaknya beberapa waktu lalu pernah membicarakan secara langsung masalah museum ini dengan Bupati Dompu, H. Kader Jaelani. Saat itu Wahyuddin tidak sendirian. Tetapi bersama beberapa tokoh penting lainnya. Antara lain Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dompu, H. Muhammad Amin, Ketua Komisi I DPRD Dompu, Muttakun, budayawan Nurhaidah dan Kasi Kebudayaan Dedy Arsyik. 

"Disepakati pada pertemuan itu salah satu ruangan di Perpustakaan Tetapi kami menganggap tempat itu tidak layak karena terlalu kecil," ujarnya.

Yang dimaksudkan Wahyuddin adalah salah satu ruangan bangunan lama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Dompu yang kini telah dijadikan UPT DP3A Kabupaten Dompu.

Menurut Wahyuddin, peninggalan sejarah harus mendapatkan tempat khusus yang representatif karena selain untuk melestarikan warisan budaya Dompu di masa lampau juga menjadi wahana edukasi dan penelitian bagi para pelajar dan mahasiswa. Bukan hanya itu, benda peninggalan sejarah yang dipajang dengan baik akan menjadi tempat wisata budaya bagi masyarakat. Generasi muda dapat melihat kembali benda-benda peninggalan nenek moyangnya pada masa lampau.

Menurutnya, bangunan yang kecil hanya berfungsi sebagai gudang penyimpanan semata. Tidak mungkin menjadi wahana edukasi, penelitian dan wisata budaya.

"Museum itu butuh tempat yang luas dan besar untuk pemajangan benda-benda bersejarah," jelasnya.


Aktivis yang familiar disapa Bang Jago ini berharap Pemda Dompu pada tahun 2023 ini segera melakukan pembahasan mengenai lokasi yang tepat untuk  pembangunan museum sekaligus mengenai anggarannya sehingga bisa direalisasikan pada tahun 2024 mendatang. (emo).