MUI Dompu Gelar Bimtek Imam, Khatib dan Penyelenggaraan Jenazah

Kategori Berita

.

MUI Dompu Gelar Bimtek Imam, Khatib dan Penyelenggaraan Jenazah

Koran lensa pos
Sabtu, 29 Juli 2023
Kegiatan Bimtek Imam, Khatib dan Penyelenggaraan Jenazah oleh MUI Kabupaten Dompu bekerja sama dengan Kementerian Agama dan Baznas Kabupaten Dompu, Sabtu (29/7/2023)



Dompu, koranlensapos.com -  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Dompu menggelar Bimbingan Teknik Imam, Khatib dan Penyelenggaraan Jenazah. Kegiatan itu dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu pada hari Sabtu (29/7/2023). 

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan. Sedangkan peserta Bimtek para tokoh agama di desa dan kelurahan di Kecamatan Dompu dan perwakilan komisi-komisi MUI Kabupaten Dompu.

Wabup dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan penyelenggara jenazah di desa-desa di Kabupaten Dompu sangat langka. Maka kegiatan Bimtek ini menjadi sangat penting untuk melatih bagi para penyelenggara jenazah baik yang sudah berpengalaman maupun yang masih baru. Selanjutnya para peserta dapat mentransfer ilmu yang telah diterima di desa masing-masing.

Wabup juga berharap agar pelatihan penyelenggaraan jenazah tetap dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan agar di masing-masing desa semakin banyak para penyelenggara jenazah.

"Kalau yang satu tidak berkesempatan maka bisa digantikan oleh yang lain," ujarnya.

Wabup juga menengarai penyelenggara jenazah dari kaum hawa lebih langka lagi. Maka diharapkan ada kolaborasi Pemerintah, MUI, Baznas dan organisasi wanita di Kabupaten Dompu untuk pelaksanaan pelatihan penyelenggaraan jenazah ini.

Diharapkan pula penyelenggara jenazah adalah sosok-sosok muda yang masih energik untuk membantu para tokoh tua di desa-desa.

Wabup juga melihat imam juga sangat sulit dicari di desa-desa. Meskipun banyak hafidz-hafidz Qur'an yang muda-muda.

"Karena syarat menjadi imam harus yang bacaannya baik," ujarnya.

Demikian pula menjadi khatib tidak mudah karena harus memiliki syarat-syarat tertentu.

Sebelumnya Ketua MUI Kabupaten Dompu, KH. Mokh. Nasuhi menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek ini diselenggarakan karena mengingat kebutuhan bagi kaum muslimin yang ada di desa-desa di Kabupaten Dompu.

"Imam sholat, khatib dan penyelenggara jenazah di desa-desa masih sangat terbatas sehingga dibutuhkan ada pelatihan seperti ini," ujarnya.

Tampil sebagai narasumber penyelenggaraan jenazah yaitu tokoh agama H. Husen. Sedangkan narasumber tentang Imam dan Khatib yaitu Ustadz Lalu Syarifuddin, SQ dan KH. Mokh. Nasuhi. 

Hadir pula pada pembukaan acara tersebut Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra dan Kabag Kesra H. Sirajuddin. (emo).