Kodim 1614/Dompu Ikuti Siaran Live KASAD AWARD 2023 "Bersama Merawat Kebangsaan"

Kategori Berita

.

Kodim 1614/Dompu Ikuti Siaran Live KASAD AWARD 2023 "Bersama Merawat Kebangsaan"

Koran lensa pos
Selasa, 11 Juli 2023
KASAD AWARD 2023 "Apresiasi Kepada Media" di Markas Besar TNI Jakarta, Senin.(10/7/2023) yang diikuti secara live di seluruh Indonesia. Tidak terkecuali di Kodim 1614/Dompu


Dompu, koranlensapos.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan penghargaan kepada media nasional, media daerah dan media kampus. Pemberian penghargaan itu dikemas dalam acara KASAD AWARD 2023 "Apresiasi Kepada Media" pada Senin malam (10/7/2023) mulai pukul 20.00 WIB.

KASAD AWARD 2023 ini merupakan salah satu dari 4 (empat) Program TNI "Bersama Merawat Kebangsaan". Tiga lainnya yakni BOOTCAMP TO GEN Z, SEHARI BERSAMA KASAD, dan THE LEADER.


Acara puncak KASAD Award 2023 diselenggarakan malam ini, Senin, 10 Juli 2023 pukul 19.00 WIB di Aula A.H. Nasution, Markas Besar TNI Angkatan Darat di Jakarta. Kodim1614/Dompu mengikuti secara langsung siaran live. Dihadiri  Bupati Dompu diwakili Asisten Administrasi Umum Ir. Ruslan, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M, Wakapolres Kompol Abdi Mauluddin, Kajari Dr M Carel W, SH., MH, Pasi Intel Kapten Inf. Adisan, Pasiter Kapten Inf. Muhammad Yamin, Pasilog, Kapten Inf. Ibrahim, Danramil 1614-01/Dompu Kapten Kav M. Kasim, serta awak media.

KASAD AWARD 2023 ini adalah pemberian penghargaan kepada media yang memuat 10 isu staregis nasional, yakni :
1. Keberagaman dan Toleransi
2. Melawan Radikalisme
3. Pengarusutamaan Gender
4. Inovasi Digital
5. Solidaritas Internasional
6. TNI AD di Tengah Kesulitan Rakyat
7. Pembangunan di Daerah 3T
8. Perlindungan Anak
9. Menekan Stunting
10. Pelestarian Kebudayaan.

Dewan juri KASAD AWARD 2023 terdiri dari tujuh tokoh yang berpengalaman di bidang masing-masing. Mereka adalah Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, yang juga menjadi Ketua Dewan Juri KASAD Award; Kadispenad Brigadir Jenderal Hamim Tohari; peneliti komunikasi Effendi Gazali; Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Ismail Hasani; Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wenseslaus Manggut; serta dua perwakilan perusahaan media, yaitu Arif Zulkifli dari Tempo dan Sonya Hellen Sinombor dari Kompas.

KASAD AWARD menyaring pemberitaan media daring sejak Mei 2022 sampai Mei 2023 berdasarkan 10 kategori yang disebutkan di atas.

"Dalam seleksi tersebut, hampir 3 juta data dari 221 media terkumpul," ungkap Ketua Panitia, Dr. Djasa Pinaragusti.

Panitia KASAD Award kemudian menyaring data berdasarkan nama perusahaan media yang terverifikasi oleh Dewan Pers, kecuali media kampus, serta jumlah pemberitaan sesuai dengan kategori yang ditentukan. 

"Hasilnya, terdapat 72 media yang masuk ke tahap final dengan 2.030 naskah yang dinilai oleh dewan juri. Kemudian sebanyak 24 media masuk menjadi finalis yakni 10 media nasional, 10 media daerah, dan 4 media kampus," ungkap Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu.


KASAD TNI, Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya
menyampaikan bahwa media memiliki posisi strategis sebagai penyalur informasi yang akurat, berimbang dan independen. Peran media yang peduli terhadap human secunty adalah modal penting bangsa ini untuk dapat mencan solusi masalah-masalah kemanusiaan dan keindonesiaan.


"Kita Ingin Indonesia menjadi bangsa yang kuat, punya identitas dan karakter yang disegani, bangga atas segala kekayaan yang kita miliki 
Pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak swasta, masyarakat sipil, media, dan anak-anak harus 
bergandengan tangan dan saling mendukung satu sama lain," pungkasnya. (emo).