Isi Materi Wasbang di SMKN 1 Kempo, Danramil Paparkan 4 Pilar Kebangsaan

Kategori Berita

.

Isi Materi Wasbang di SMKN 1 Kempo, Danramil Paparkan 4 Pilar Kebangsaan

Koran lensa pos
Sabtu, 15 Juli 2023

 

Pembekalan Wasbang dan Latihan PBB kepada siswa baru SMKN 1 Kempo oleh Danramil dan Babinsa


Dompu, koranlensapos.com - Danramil 1614-02/ Kempo, Lettu Inf Syaifuddin didampingi Babinsa Serka M. Ali, Jumat (14/7/2023) mulai pukul 09.00 Wita mengisi materi Wawasan Kebangsaan dan Latihan PBB kepada para siswa baru SMKN 1 Kempo yang sedang menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Danramil memaparkan tentang 4 (Empat) Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI).

Danramil menguraikan satu per satu kelima sila dalam Pancasila.  Pancasila terdiri dari lima sila atau asas yang dijadikan sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia. Melansir dari situs Kemdikbud, arti 5 sila Pancasila adalah sebagai berikut.

1. Sila pertama: Ketuhanan yang Maha Esa 
Sila pertama dilambangkan dengan Bintang. Bintang menggambarkan sebuah cahaya. Cahaya pada simbol bintang ini diibaratkan sebagai cahaya kerohanian yang berasal dari Tuhan kepada manusia.

2. Sila kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sila kedua dilambangkan dengan rantai. Rantai yang terdiri atas mata rantai berbentuk segi empat dan lingkaran ini saling berkaitan membentuk lingkaran. Keterkaitan itu bermakna bahwa bangsa Indonesia saling terkait erat, saling bahu membahu, dan saling membutuhkan.

3. Sila ketiga: Persatuan Indonesia (dilambangkan dengan pohon beringin).

Pohon beringin digambarkan sebagai Negara Indonesia, di mana semua rakyat Indonesia dapat 'berteduh' di bawah Negara Indonesia. Pohon beringin yang bersifat menjalar ke segala arah dikorelasikan dengan keragaman suku bangsa yang menyatu di bawah nama Indonesia.

4. Sila keempat: kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan Perwakilan (dilambangkan dengan kepala banteng)

Kepala banteng memiliki filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah, di mana orang-orang berdiskusi untuk melahirkan suatu keputusan.

5. Sila kelima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia (Simbol padi dan kapas)

Padi dan kapas merupakan simbol pangan dan sandang yang menyiratkan makna bahwa syarat utama negara yang adil adalah bisa mencapai kemakmuran untuk rakyatnya secara merata.

Danramil juga menjabarkan nilai-nilai Pancasila dari sila pertama sampai sila ke lima,  yakni nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan. 

Tidak lupa pula Danramil mengisahkan sejarah singkat tentang perjuangan bangsa dan para pahlawan yang berjuang melawan penjajah dari berbagai daerah. 

Selanjutnya Danramil memberi wejangan menghormati terhadap orang tua, guru dan rekan sesama pelajar.

"Hindari yang namanya narkoba, perkelahian antara sekolah (tawuran) dan tentunya harus selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai benteng keimanan.

Kegiatan diakhiri dengan materi  latihan PBB yang disajikan oleh Babinsa Serka M Ali.
Adapun Materi PBB tentang,
tehnik dasar dalam Peraturan Barus Berbaris (PBB).