Dandim 1614/Dompu Ikuti Rakor Persiapan HUT RI Ke 78

Kategori Berita

.

Dandim 1614/Dompu Ikuti Rakor Persiapan HUT RI Ke 78

Koran lensa pos
Selasa, 11 Juli 2023

 

Rakor jelang HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023 di Ruang Rapat Bupati Dompu, Selasa (11/7/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Ruang Rapat Bupati Dompu, Selasa (11/7/2023) berlangsung Rapat Koordinasi dengan agenda persiapan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023 Tingkat Kabupaten Dompu.

Rakor dipimpin Wabup H. Syahrul Parsan. Dihadiri Dandim 1614/ Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati ST., MM, Wakil Ketua DPRD Jamaluddin, S. Sos, Asisten I, H. Burhan, SH, Kapolres Dompu diwakili AKP Rodolfo, para Kabag Lingkup Setda Dompu, para Camat dan Pimpinan OPD terkait.


Mengawali Rakor, Wabup H. Syahrul Parsan yang memandu kegiatan tersebut menyampaikan arahan bahwa pelaksanaan rangkaian kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023 ini hendaknya mempertimbangkan faktor kamtibmas karena berkaitan dengan tahun politik.

Selanjutnya Wabup mengintsruksikan di masing masing  Kecematan dan Desa agar diarahkan kebersihan mulai dari sekarang. Di antaranya pengecetan pagar maupun yang lainnya. 

Wabup juga menginstruksikan setiap rumah supaya memasang bendera merah putih mulai tanggal 1 Agustus 2023 hingga akhir bulan Agustus 2023. Terutama yang berada di pinggir jalan.

"Setiap rumah terutama di pinggir jalan harus dipasang bendera merah putih," pintanya.

Wabup mengatakan tahun ini ada kegiatan Gebyarr Merah Putih dari Kesbangpol. Juga ada pemberian Bendera Merah Putih sama seperti tahun lalu.

"Bagi yang sudah dapat tahun lalu harapannya tidak diberikan lagi," ujarnya.


Selanjutnya Wabup mengingatkan kepada pejabat eselon II maupun pimpinan yang ada di Kecamatan maupun Desa masing-masing agar bisa memberikan contoh terhadap Masyarakat.

"Kita juga perlu mengundang Veteran, PPM dan FKPPI sebagai bentuk penghargaan kita terhadap pejuang-pejuang yang telah melibatkan diri dalam kemerdekaan Reblik Indonesia ini," harap Wabup.


Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajat ST., MM menyampaikan bahwa dua tahun lebih kita terbelenggu dalam kasus pandemi Covid 19.

"Untuk itu harapan kita semua agar pelaksanaan kegiatan berjalan baik sesuai harapan kita semua.
Kita libatkan santri dan santriwati untuk ikut dalam Pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2023 nanti.
Penyetelan lagu-lagu Nasional terutama pada H-1 sampai H+3 secara iringan mulai tingkat Desa sampai dengan tingkat Kabupaten Dompu," saran Dandim.


Sementara AKP Rodolfo dari Polres Dompu mengusulkan apabila ada kegiatan lomba agar berkoordinasi mengenai waktu dan lokasi pelaksanaannya agar bisa mengeluarkan personel pengamanan.

"Terkait pemasangan Bendera Merah Putih dan umbul-umbul kami akan menginfokan ke Babinsa dan Babinkamtibmas," ucapnya.


Perwakilan Kesbangpol melaporkan
Anggota Paskibraka untuk tahun 2023 diseleksi oleh Kesbangpol dan itu semua sudah melalui tahapan sesuai standar atau mekanisme yang ada. Sedangkan untuk pendamping dari TNI-Polri sebagaimana biasa masing-masing tiga orang.


"Nama-namanya sudah dikirin ke Kemendagri termasuk siswa-siswi sejumlah 33 orang dan Alhamdulillah kali ini didominasi oleh anak petani. Sedangkan untuk waktu latihan resminya mulai tanggal 1 Agustus 2023 oleh Anggota TNI dan Polri. (emo).