Babinsa Mbuju Koramil 1614-04/Kilo, Bekali Wasbang Sejak Dini Pada Pelajar SMP PGRI

Kategori Berita

.

Babinsa Mbuju Koramil 1614-04/Kilo, Bekali Wasbang Sejak Dini Pada Pelajar SMP PGRI

Koran lensa pos
Kamis, 13 Juli 2023

 

Pembekalan materi Wawasan Kebangsaan oleh Babinsa Mbuju Sertu Mastudinnur kepada para siswa SMP PGRI, Rabu (12/7/2023)


Dompu, koranlensapos.com -  Babinsa Desa Mbuju, Sertu Mastudinnur melaksanakan kegiatan pembinaan dan penanaman Wawasan Kebangsaan. Kegiatan itu menyasar para Pelajar SMP PGRI yang berlokasi di Dusun Kambu Desa Mbuju Kecamatan Kilo,  Rabu (12/7/2023) mulai pukul 08.30 Wita. 

Babinsa menguraikan tentang 4 (empat) Pilar Bangsa yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. 

Pancasila merupakan falsafah negara dan pandangan atau cara hidup bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai cita-cita nasional. Pancasila menjadi karakter masyarakat Indonesia sehingga menjadi identitas atau jati diri bangsa Indonesia. Pancasila merupakan rujukan, acuan sekaligus tujuan dalam pembangunan karakter bangsa.

Kelima sila Pancasila merupakan satu kesatuan nilai kehidupan masyarakat Indonesia dan dasar negara Republik Indonesia.

Nilai-nilai luhur Pancasila tertuang dalam norma-norma yang terdapat dalam Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945. Norma konstitusional UUD 1945 menjadi acuan dalam pembangunan karakter bangsa. 

Indonesia adalah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik. Republik Indonesia adalah negeri yang sangat luas dan masyarakatnya sangat majemuk. Terdiri dari 17.504 pulau, 1.340 suku dan 748 bahasa. 

Keberagaman yang ada di negeri ini disatukan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu, yakni bangsa Indonesia.


Dalam kehidupan masyarakat yang majemuk ini supaya hidup saling menghargai dan saling menghormati perbedaan yang ada. Masyarakat Indonesia harus memiliki rasa nasionalisme dan cinta tanah air dan bangsa.



Disamping memberikan penjelasan dan pemahaman terkait 4 Pilar utama tersebut, Babinsa juga memberikan ilmu penting guna membentuk fisik dan karakter yang kokoh terhadap pelajar. Babinsa memberi pembekalan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Kepala Sekolah, Sirajudin, S. Pd menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Babinsa Sertu Mastudinnur yang telah memberikan materi pembinaan karakter wawasan kebangsaan kepada para siswanya. 

"Semoga materi wawasan kebangsaan yang telah diberikan oleh bapak Babinsa ini dapat menjadi bekal bagi anak-anak kita dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," harapnya.

Dikatakannya penanaman karakter sangat penting bagi generasi muda agar bisa hidup saling menghormati dan menghargai satu sama lain. (emo).