Babinsa Kiwu Beri Pembekalan Wasbang pada Siswa SMP PGRI Kilo

Kategori Berita

.

Babinsa Kiwu Beri Pembekalan Wasbang pada Siswa SMP PGRI Kilo

Koran lensa pos
Kamis, 20 Juli 2023

 

Babinsa Kiwu memberikan pembekalan materi Wasbang kepada para siswa baru SMP PGRI Kilo



Dompu, koranlensapos.com - Wawasan Kebangsaan harus dibekali kepada generasi muda Indonesia sejak dini. Hal itu dimaksudkan agar generasi bangsa ini memahami dan menghayati tentang perjalanan sejarah panjang bangsanya. Juga memahami tentang keanekaragaman suku, bahasa, agama dan kepercayaan, budaya serta adat istiadat di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga bisa terwujud rasa saling menghormati dan saling menghargai. Di samping itu supaya generasi muda bangsa ini mencintai budaya bangsanya sendiri dan tidak mudah terpengaruh dengan budaya asing yang negatif. Dan juga supaya generasi bangsa bisa memiliki rasa cinta tanah air dan bisa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 ini.

Hal itulah yang melatarbelakangi Pemerintah untuk mewajibkan penanaman Wasbang kepada para siswa baru di sekolah-sekolah. 

Para siswa di sekolah swasta kecil di pelosok desa pun harus mendapatkan pembekalan mengenai Wasbang ini. Seperti halnya di SMP PGRI Kecamatan Kilo yang berlokasi di Desa Kiwu Kecamatan Kilo. Desa Kiwu merupakan desa paling utara di Kabupaten Dompu. Jaraknya sekitar 67 Km dari pusat Pemerintahan Kabupaten Dompu. Desa Kiwu berbatasan langsung dengan Desa Sampungu Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima NTB. 

Di SMP PGRI Kilo ini, Babinsa Kiwu  Sertu Arif Syahrir menyampaikan materi Wasbang kepada para siswa baru bersama Kepala Sekolah dan para guru di sekolah itu.

Babinsa menyampaikan materi 4 pilar kebangsaan yakni Lima Dasar Negara (Pancasila), Landasan Hukum (UUD 1945), Keanekaragaman Kebudayaan (Bhineka Tunggal Ika) dan Cinta Tanah Air (NKRI).

Disamping materi tersebut, Untuk melengkapi kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Babinsa juga menyajikan materi PBB guna membentuk karakter dan kedisiplinan pada pelajar sejak dini.

Siswa sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan Babinsa. 
Kepala Sekolah  berterima kasih atas Kesediaan Babinsa untuk mengisi program kegiatan di sekolah tersebut. (emo).