Pola Asuh Bisa Cegah Stunting?

Kategori Berita

.

Pola Asuh Bisa Cegah Stunting?

Koran lensa pos
Rabu, 07 Juni 2023

 

Firmansyah, S. Psi., M. MKes



Oleh : Firmansyah, S.Psi., M.MKes*


Pola asuh yang diterapkan orang tua akan sangat berpengaruh bagi tumbuh dan kembang anak. Menjadi penting bagi orang tua untuk dapat menerapkan pola asuh yang tepat. 


Ketika orang tua dapat menerapkan pola asuh yang benar maka berbagai aspek penting yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan kembang secara maksimal bisa terpenuhi. 


Hal yang sebaliknya akan terjadi ketika orang tua menerapkan pola asuh yang tidak tepat yang membuat aspek-aspek penting dalam tumbuh dan kembang anak tidak terpenuhi dengan baik. 


Bukan hal yang mustahil munculnya permasalahan stunting juga disebabkan oleh penerapan pola asuh yang tidak tepat oleh orang tua. 


Pola asuh yang tepat adalah sebuah strategi dimana orang tua punya kepedulian yang tinggi dalam hal memenuhi hal penting yang dibutuhkan anak selama proses tumbuh dan kembang berlangsung. 


Hal-hal penting yang yang harus diperhatikan orang tua dapat dipenuhi saat tumbuhkembang anak berlangsung adalah sebagai berikut; 


Menjaga kesehatannya dengan baik, selalu berada dalam lingkungan yang menyenangkan, mendapat nutrisi yang sehat untuk anak yang dikandungnya. 


Berikutnya memeriksa kesehatannya secara teratur, memberi stimulasi dini terhadap anak, tidak mengalami kekurangan kasih sayang dari suami dan keluarganya. 


Lainnya orang tua dapat menghindari stres baik fisik maupun psikis dan tidak bekerja berat saat sedang hamil karena beresiko terhadap diri dan janin. 


Adanya pengetahuan yang baik dari orang tua (ibu) terhadap hal-hal penting yang dibutuhkan anak (janin) selama fase tumbuh dan kembang berlangsung memberikan kemungkinan besar baginya untuk menerapkan pola asuh yang tepat. 


Perbaikan pola asuh orang tua akan sangat membantu upaya pencegahan stunting. Pemahaman yang baik dari orang mendorongnya dapat memenuhi hal-hal penting yang dibutuhkan anak selama proses tumbuhkembang berlangsung. 


Perilaku orang tua saat mengasuh balita menjadi salah satu persoalan yang dapat mempengaruhi terjadinya stunting pada balita. 


Perilaku orang tua dalam hal pola asuh yang kurang tepat memiliki peluang lebih besar anak terkena stunting dibandingkan orang tua dengan pola asuh baik. 


Oleh karena itu dalam upaya pencegahan stunting penting bagi kita semua untuk dapat mengedukasi setiap orang tua untuk menerapkan pola asuh yang tepat. 


Demikian, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua terutama dalam upaya pencegahan stunting. 


Penulis: Koordinator Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Bagian Prokopim Setda Dompu.