Diskop UKM Dompu Selenggarakan Diklat Pengelasan, Dibuka Wabup Syahrul Parsan

Kategori Berita

.

Diskop UKM Dompu Selenggarakan Diklat Pengelasan, Dibuka Wabup Syahrul Parsan

Koran lensa pos
Senin, 12 Juni 2023
Diklat Keterampilan Pengelasan kerja sama Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu dengan SMKN 2 Dompu yang diikuti 30 peserta dari 8 kecamatan



Dompu, koranlensapos.com - Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu bekerja sama dengan SMKN 2 Dompu menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Pengelasan Bagi UMKM. Diklat diikuti 30 peserta dari 8 kecamatan dan akan berlangsung selama 4 (empat) hari. Dimulai hari Senin (12/6/2023) hingga Kamis (16/6/2023). 

Kegiatan yang digelar di SMKN 2 Dompu di Desa Kareke Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu itu dibuka oleh Wakil Bupati, H. Syahrul Parsan.

Acara pembukaan Diklat Keterampilan Pengelasan oleh Wabup H. Syahrul Parsan di SMKN 2 Dompu


Wabup saat membuka kegiatan dimaksud menyampaikan bahwa keterampilan pengelasan itu sangat penting untuk dimiliki. Pengusaha pengelasan supaya terus berinovasi dan berkreasi mengasah kemampuannya mengikuti perkembangan zaman.

Dikatakannya seiring dengan kemajuan zaman, kebutuhan terhadap jasa pengelasan akan terus mengalami peningkatan. Karenanya usaha jasa pengelasan akan tetap dicari oleh masyarakat yang membutuhkan.


"Sebagian besar pekerjaan saat ini pasti membutuhkan jasa pengelasan," ujarnya.

Mengingat besarnya nilai manfaat keterampilan pengelasan yang akan terus dibutuhkan, sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu melalui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu menyelenggarakan Diklat bagi UMKM yang sebelumnya telah menggeluti usaha dimaksud. 


Para peserta Diklat Keterampilan Pengelasan


"Tujuannya agar lebih meningkat kapasitas dan kemampuan bapak-bapak di bidang keterampilan pengelasan," ujarnya.

Wabup berharap seluruh peserta dapat mengikuti Diklat dengan serius dan bersungguh-sungguh sehingga dapat meningkatkan keterampilan di bidang pengelasan.


Wabup H. Syahrul Parsan didampingi Kadiskop UKM dan Kabid Pemberdayaan UKM dan Kepala SMKN 2 Dompu usai membuka Diklat Keterampilan Pengelasan


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati mengemukakan bahwa Diklat bagi para pelaku UMKM ini untuk menggairahkan kewirausahaan yang bermuara pada peningkatan pendapatan masyarakat sebagaimana visi Bupati Dompu Menuju Dompu MASHUR (Mandiri Sejahtera Unggul Religius).

"Kita melaksanakan Diklat ini untuk mewujudkan kemandirian, kemapanan dan ketangguhan ekonomi. Bagaimana masyarakat bisa memanfaatkan potensinya untuk menjadi mandiri dalam berusaha sebagai garda terdepan dalam meningkatkan kesejahteraan. Sebagaimana misi yang kedua Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Lokal," paparnya.


Dipertegas Daryati, Diklat tersebut menyasar para pelaku UMKM yang telah menggeluti bidang pengelasan. Dimaksudkan agar setelah mengikuti kegiatan 4 hari tersebut keahlian mereka bertambah meningkat dibandingkan dengan sebelumnya. 

"Harapannya dengan bertambahnya keahlian yang dimiliki semakin meningkatkan kesejahteraan karena bapak-bapak adalah tulang punggung keluarga," jelasnya.




Dikatakannya dalam menjalani sebuah usaha tidak boleh gengsi dan malu asalkan halal. Harus fokus dan totalitas dalam melaksanakan usaha.

"Kalau kita fokus dan totalitas, kita akan merasakan hasil dari usaha kita," ucap Srikandi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu tersebut.



Kabid Pemberdayaan UKM, Amar menambahkan Diklat ini untuk lebih mengasah keterampilan para pelaku UMKM yang telah menggeluti dunia usaha pengelasan. 

"Karena keterampilan mereka ini kan otodidak. Belajar dari melihat teman-temannya. Sekarang ini dengan belajar dari para narasumber yang memiki skala industri, mereka diajarkan trik-trik mengelas yang baik," urainya.


Para peserta juga akan menerima pembekalan mengenai manajemen keuangan.

Dikatakannya kegiatan ini dilaksanakan Diskop UKM Kabupaten Dompu bermitra dengan SMKN 2 Dompu, karena sekolah tersebut telah memiliki sarana dan prasarana standar industri pengelasan. Di samping para instruktur yang berkompeten di bidangnya, di sekolah tersebut juga memiliki ruang praktik yang luas.

"Para peserta nanti akan membuat produk yang akan ditampilkan dalam pameran-pameran yang akan dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM (Kabupaten Dompu)," tandasnya.

Dikatakan Amar, para peserta juga akan diupayakan untuk mendapatkan legalitas berupa Nomor Induk Berusaha (NIB).

"Nanti juga akan kita upayakan agar mereka mendapatkan legalitas NIB," pungkasnya. (emo).

Foto bersama usai acara pembukaan Diklat Keterampilan Pengelasan