Car Free Day Berdampak Positif Bagi Geliat UMKM di Dompu

Kategori Berita

.

Car Free Day Berdampak Positif Bagi Geliat UMKM di Dompu

Koran lensa pos
Senin, 19 Juni 2023

 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dompu, Armansyah



Dompu, koranlensapos.com - Sudah 5 (lima) minggu Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu menggelar kegiatan Car Free Day. Kegiatan itu dipusatkan di jalan protokol Soekarno - Hatta mulai dari Perempatan Lampu Merah samping Hotel Samada hingga depan Kantor DPRD Dompu.


Sesuai dengan namanya, Car Free Day yang berarti Hari Bebas Kendaraan Bermotor, maka jalur ini ditutup sementara mulai pukul 07.00 sampai pukul 09.00 Wita.

Sejak digelar perdana dan dibuka oleh Bupati Dompu, H. Kader Jaelani pada hari Minggu, 21 Mei 2023 lalu, acara ini diikuti cukup ramai peserta. Ratusan peserta tua dan muda, pria maupun wanita antusias mengikuti senam bersama yang dipandu oleh para pelatih senam aerobik maupun senam zumba di daerah bermotto Nggahi Rawi Pahu itu.

Selain senam bersama, ada pula pelayanan kesehatan gratis dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Dompu. Ada juga pelayanan pembuatan KTP digital dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dompu. Yang tidak kalah menariknya, suguhan aneka makanan dan minuman sehat yang dijual oleh para pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau Industri Kecil dan Menengah (IKM) di area Taman Kota.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dompu, Armansyah mengungkapkan banyak dampak positif yang diperoleh masyarakat Dompu dari pagelaran Car Free Day ini.

Selain dengan berolahraga menyehatkan dan menjaga kebugaran tubuh, juga pengunjung dapat mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan.

"Alhamdulillah Car Free Day ini banyak nilai positifnya yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Tanggapan masyarakat di medsos juga positif," ungkap Arman.

Lebih-lebih bagi para pelaku UMKM. Arman mengaku para pelaku UMKM senang dengan adanya kegiatan Car Free Day yang berlangsung seminggu sekali itu. Dagangan mereka rata-rata bisa habis terjual dalam waktu sekitar dua jam itu.

"Yang pedagang rata-rata jualannya habis. Jam 7 sampai jam 9 sudah habis. Pembeli ada yang langsung menikmati di tempat. Ada juga yang membawa pulang ke rumah. Alhamdulillah ini bisa menghidupkan MKM walaupun hanya sekali seminggu. Bahkan ada yang bilang kalau bisa setiap hari," ujarnya.

Menurut mantan Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Dompu ini, Car Free Day berdampak positif bagi geliat UMKM di Kabupaten Dompu yang bermuara pada meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

"UMKM di Kabupaten Dompu ini yang sudah punya NIB (Nomor Induk Berusaha) ada sekitar 1.200-an. Yang belum punya NIB ribuan lagi. Alhamdulillah geliat ekonomi semakin tumbuh dengan baik," pungkasnya. (emo).