Tumbangkan Thailand dengan Skor 5-2, Timnas Indonesia Sabet Medali Emas SEA Games 2023

Kategori Berita

.

Tumbangkan Thailand dengan Skor 5-2, Timnas Indonesia Sabet Medali Emas SEA Games 2023

Koran lensa pos
Rabu, 17 Mei 2023

 

Timnas Indonesia U22


Koranlensapos.com– Timnas U22 Indonesia berhasil menyabet medali emas SEA Games 2023 setelah menumbangkan Thailand dengan skor telak 5-2 dalam laga final yang berlangsung di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pada Selasa (16/5/2023). 

Gol kemenangan timnas U22 Indonesia dicetak oleh Ramadhan Sananta (21’, 45+4’), Irfan Jauhari (91’), Fajar Fathur Rahman (107’), dan Beckham Putra (120’). Sedangkan dua gol balasan Thailand dikemas melalui kontribusi Anan Yodsangwal (65’) dan Yotsakon Burapha (90+7’). 

Laga timnas Indonesia vs Thailand bukan diwarnai drama keributan yang berujung banjir kartu merah dan kartu kuning. Salah satunya adalah keributan yang terjadi seusai Irfan Jauhari mengemas gol ke gawang Thailand pada babak tambahan waktu (91’). 

Keributan di final sepak bola SEA Games 2023 terjadi antara official tim serta pemain dari kubu timnas Indonesia dan Thailand. 

Manajer timnas Indonesia, Sumardji, bahkan terlihat dibopong oleh dua orang setelah keributan tersebut terjadi. Pemain timnas Indonesia, Komang Teguh, pun tertangkap kamera terkena pukulan dari kiper Thailand, Soponwit Rakyart. Komang Teguh lalu terlihat mengayunkan tangannya ke Soponwit Rakyart sebelum berlari meninggalkan keributan. Oleh karena itu, Komang Teguh dan Soponwit Rakyart harus menerima kartu merah dari wasit asal Oman, Matar Ali Al-Hatmi Qasim. Matar Ali Al-Hatmi Qasim juga memberikan kartu merah kepada dua pemain Thailand lainnya yakni, Jonathan Khemdee (104’) dan Teerasak Poeiphimai (117’). Sang pengadil juga mengarahkan kartu merah kepada ofisial tim Indonesia serta Thailand. Wasit Matar Ali sepanjang pertandingan tercatat mengeluarkan kartu kuning kepada Ernando Ari (Indonesia), Ramadhan Sananta (Indonesia), Ananda Raehan (Indonesia), Jonathan Khemdee (Thailand), Chatmongkol Rueangthanarot (Thailand), Teerasak Poeiphimai (Thailand), Airfan Doloh (Thailand), Apisit Saenseekhammuan (Thailand), dan Anan Yodsangwal (Thailand).


Kemenangan ini menjadi akhir penantian Indonesia selama 32 tahun untuk merengkuh emas SEA Games. Indonesia kali terakhir menjadi juara SEA Games pada 1991. (Emo/dikutip dari KOMPAS.com).