KH. Abdullah Arsyad, Mantan Ketua Umum MUI Dompu Dua Periode Tutup Usia

Kategori Berita

.

KH. Abdullah Arsyad, Mantan Ketua Umum MUI Dompu Dua Periode Tutup Usia

Koran lensa pos
Minggu, 14 Mei 2023

 

KH. Abdullah Arsyad (Alm)



Dompu, koranlensapos.com - Innaa lillahi wa innaa ilaihi roji'uun. Masyarakat Dompu hari ini, Minggu (14/5/2023) berduka cita. Salah satu ulama dan tokoh kharismatik di daerah berjuluk Bumi Nggahi Rawi Pahu tersebut dipanggil oleh Allah SWT kembali ke hadapan-Nya.

Dr (HC) KH. Abdullah Arsyad, S. Ag meninggal dunia pada hari Sabtu sore (13/5/2023) sekitar pukul 16.50 Wita pada usia 80 tahun.

"Aji meninggal di rumah kemarin sore sebelum jam 5 (17.00)," ungkap Fakhruddin, salah satu putra almarhum kepada media ini di rumah duka pada Minggu pagi (14/4/2023).

Ketua Umum MUI Kabupaten Dompu, Drs. H. Mokh. Nasuhi mengungkapkan 
H. Abdullah Arsyad adalah sosok yang tawadhu dan rendah hati. 

"Beliau seorang guru yang telah menanamkan keilmuannya untuk keumatan dengan baik sejak beliau sebagai pendidik maupun sebagai pendakwah," ungkapnya.

H. Nasuhi menyebut pula, almarhum juga mantan Qari yang telah menorehkan berbagai prestasi dalam mengharumkan daerah ini.

"Maka tidak heran dari tangan beliau telah lahir qari-qariah terbaik bagi daerah ini," ujarnya.


Menurut Nasuhi, ketulusan KH. Abdullah Arsyad dalam mengabdi buat negeri dan negara ini patut diteladani bagi generasi ini agar regenerasi ini berjalan dengan baik.

Mengenai kepribadian almarhun juga diungkapkan oleh Ketua Muhammadiyah Kabupaten Dompu, H. Bambang Hermanto, M. BA.

Dikatakannya almarhum merupakan sosok pendidik yang mengabdikan dirinya untuk membina masyarakat. 

"Saya mengenal beliau sejak saya masih kecil. Saya masih SD beliau sudah jadi guru. Beliau pernah mengajar di SMEP yang kemudian ganti nama menjadi SMEA dan sekarang jadi SMK," sebut Bambang.

Mantan Kepala SMAN 2 Dompu ini menyebut berkat dedikasinya terhadap masyarakat, almarhum mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Amerika.

Almarhum dikebumikan di TPU Karijawa pada Minggu siang (14/5/2023) usai sholat Dzuhur. (emo).