Kasdim 1614/Dompu Bacakan Amanat Kepala Staf TNI-AD Saat Upacara Bendera

Kategori Berita

.

Kasdim 1614/Dompu Bacakan Amanat Kepala Staf TNI-AD Saat Upacara Bendera

Koran lensa pos
Sabtu, 18 Februari 2023

 

Upacara Bendera tanggal 17 Februari di Lapangan Makodim 1614/Dompu, Jumat (17/2/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Lapangan Makodim 1614/Dompu jln. A. Yani Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, Jumat (17/2/2023) pukul 07.00 Wita telah dilaksanakan upacara bendera rutin tanggal 17. 


Upacara dipimpin oleh Kepala Staf Kodim 1614/Dompu, Mayor Inf. Abdul Haris, SH., MH selaku Inspektur Upacara. Bertindak sebagai Perwira Upacara Pasiter Kapten Inf M. Yamin dan Komandan Upacara Danramil Kilo, Lettu Inf Hamzah


Hadir pula Perwira Staf dan Danramil jajaran serta seluruh anggota maupun ASN Kodim 1614/Dompu


Usai Pengibaran Bendera Merah Putih, Mengheningkan Cipta, Pembacaan teks Pancasila, Pembacaan Pembukaan UUD 1945, Pengucapan Sapta Marga, dan Pembacaan Panca Prasetya Korpri, Irup menyampaikan amanat.

Dalam amanatnya, Kasdim selaku Irup membacakan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

"Saya ucapkan terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh Prajurit dan PNS Angkatan Darat, karena sepanjang tahun 2022 yang lalu, berbagai tugas yang diamanatkan Negara telah dapat kita selesaikan dengan baik seperti pengamanan perbatasan, penanggulangan bencana alam, termasuk penanganan masalah stunting dan ketahanan pangan serta tugas-tugas perbantuan lainnya. Telah menjadi bukti nyata pengabdian kita kepada Bangsa dan Negara. Pencapaian ini juga tentu harus dapat kita pertahankan dan tingkatkan di tahun ini karena berbagai agenda tugas yang bersifat Nasional maupun Internasional juga menuntut kesiapan TNI AD di tahun 2023 ini" ungkap Kasad.

Meskipun demikian, lanjut Kasad masih terdapat berbagai kekurangan yang harus segera diperbaiki yaitu masih adanya berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh Prajurit maupun PNS TNI AD. 

"Hal ini harus menjadi intropeksi kita bersama agar tidak terulang di masa yang akan datang" tambahnya.

Kasad juga menyampaikan, bahwa dinamika permasalahan Bangsa semakin komplek dan dinamis, terlebih dengan perkembangan teknologi informasi saat ini. Oleh karena itu Kasad berpesan kepada Prajurit, PNS TNI AD dan keluarganya agar bijak dalam menggunakan media sosial, saring informasi yang diterima sebelum sharing kepada teman maupun keluarga.

Di akhir amanat Jendral TNI Dudung Abdurrachman menekankan satu hal yang perlu mendapat perhatian kita semua adalah ancaman Polarisasi Sosial. 

"Di tahun 2023 ini kita memasuki tahun politik dan menjelang Pemilihan Presiden RI (Pilpres RI) di tahun 2024. Kita dibayang-bayangi oleh kekhawatiran akan terjadinya Polarisasi masyarakat pendukung pasangan salah satu Capres seperti yang terjadi pada Pilpres tahun 2019 yang lalu. Yang mengancam Persatuan dan Kesatuan NKRI. Saya meminta jajaran TNI AD tetap menjaga netralitas dan pelaksanaan tugas dalam menghadapi tahun politik 2024, sebagaimana perintah dari Presiden dan Panglima TNI," tegas Kasad.



 Upacara bendera tanggal 17  setiap bulan dilaksanakan sekaligus evaluasi komandan setiap bulan selama kegiatan yang dilaksanakan maupun kegiatan yang akan dilaksanakan  satu bulan kedepan oleh seluruh anggota kodim 1614/Dompu. (emo).