Danposramil Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Woja

Kategori Berita

.

Danposramil Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Woja

Koran lensa pos
Sabtu, 18 Februari 2023

 

Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Woja


Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Woja, Kamis (16/2/2023) mulai pukul 09.40 Wita berlangsung Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tingkat Kecamatan Woja Tahun Anggaran 2024.



Kegiatan bertema "Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dengan Kemandirian Ekonomi yang Berdaya Saing Melalui Infrastruktur Dasar yang Berkualitas" diikuti oleh perwakilan masyarakat desa yang berada di Kecamatan Woja. Jumlah peserta sekitar 70 orang.

Hadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Dompu Muhammad Ikhsan, S. Sos (Fraksi Nasdem Dapil II), Anggota DPRD Dompu sdr Yatim (Fraksi Demokrat Dapil II), Kabid Fispra Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, David, ST., MT,  Camat Woja Edison, SH, Danposramil Woja Kodim 1614-01/Dompu, Pelda Suratman,  Kepala Puskesmas Dompu Barat  Mujakir, S. KM, Lurah/Kades Se - Kecamatan Woja, Ketua BPD se - Kecamatan Woja, serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.


Camat Woja Edison SH menyampaikan rasa syukur atas rahmat dan kesehatan yang dilimpahkan oleh Allah SWT sehingga dapat bertatap muka untuk bersilaturahmi dalam rangka musyawarah perencanaan pembangunan yang ada di wilayah Kecematan Woja.


"Yang berkaitan dengan pembangunan oleh pemerintah harus kita rencanakan secara bersama-sama seperti hajat yang kita lakukan saat ini. Karena kita semua menjadi pelaku dalam kegiatan pembangunan tersebut," kata Camat Edyson.


Ia berharap kegiatan tersebut tidak hanya sekadar menjadi agenda atau seremonial yang memenuhi kewajiban administrasi saja untuk dilaporkan ke tingkat atas. Namun harus bisa dibuktikan kepada masyarakat.


"Untuk itu kami minta kita semua berpartisipasi dalam menjaga apabila pembangunan dilaksanakan nantinya," pintanya



Edyson selanjutnya berharap terhadap Kepala Desa khususnya di wilayah Kecamatan Woja agar bisa mengelola anggaran dana desa dengan baik karena itu merupakan tanggung jawab terhadap masyarakat.


Anggota DPRD Dompu Muhammad Iksan, S. Sos menyampaikan bahwa 
angota DPDR yang mewakili rakyat Kabupaten Dompu lebih khususnya di wilayah Kecematan Woja akan tetap mengawal apa yang menjadi usulan dari perwakilan Kelurahan maupun Desa.


"Kami tetap bersama masyarakat 
karena program pembangunan ini untuk kesejahteraan masyarakat. Apa yang menjadi kesimpulan Musrenbang ini kami akan perjuangkan sampai Musrenbang Tingkat Kabupaten. Namun dalam pelaksanaannya tergantung ketersediaan anggaran dan kemampuan yang ada," tandasnya.


Dikatakan usulan dan masukan dari perwakilan masyarakat menjadi penting karena berhubungan langsung dengan realita yang terjadi di lapangan.


Ikhsan juga menyinggung tentang rencana penyediaan Air Bersih yang ada di Dam Mila. Pemerintah Daerah akan segera membangun bak air dengan sistem pemanfaatan instalasi 
yang sudah ada di Selaparang.


Persoalan banjir juga diangkat oleh Ikhsan. Ia mengatakan tidak perlu lagi 
mencari siapa yang salah dan siapa yang benar, karena memang masyarakat memiliki kebutuhan baik petani musiman maupun petani ternak. 

"Untuk itu kami selaku Lembaga Legislatif harus berafiliasi dengan Lembaga Eksekutif supaya tidak mencederai antara yang satu dengan yang lain," ucapnya.


Kepala Bidang Perencanaan Fisik dan Prasarana Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, David ST., MT  mengapresiasi pemerintah desa, kecamatan maupun masyarakat Kecematan Woja yang begitu antusias dalam menghadiri kegiatan seperti ini.

"Kami menilai bahwa jiwa untuk membangun Kelurahan maupun Desa sangat tinggi," ucapnya. (emo).