Babinsa dan Bhabinkamtibmas Tanju Hadiri Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Kategori Berita

.

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Tanju Hadiri Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Koran lensa pos
Minggu, 05 Februari 2023

 

Peringatan Isra' Mi'raj di Masjid Al Mukarramah Tanju Manggelewa



Dompu, koranlensapos.com - Babinsa Desa Tanju Koramil 1614-06/Manggelewa, Serda Nurdin, SH bersama Bhabinkamtibmas, Jumat malam (3/2/2023) menghadiri acara Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Kegiatam dimaksud dilaksanakan di Masjid Al Mukarramah Desa Tanju.

Kegiatan dimaksud dihadiri pula oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Jamaluddin, S. Sos, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dompu, Drs. Dahlan HAR beserta rombongan, Pemerintah Desa setempat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.


Sedangkan materi ceramah agama terkait Isra' Mi'raj disampaikan oleh Ustadz H. M. Yakub H. A. Wahab, S. Ag (Wakil Ketua Baznas Kabupaten Dompu).

Dalam tausiyahnya, Y. M. Yakub menjelaskan bahwa Isra' Mi'raj merupakan perjalanan Rasulullah SAW ditemani Malaikat Jibril AS dengan berkendaraan Buraq menuju ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah sholat. Sholat merupakan tiang agama yang tidak boleh ditinggalkan meskipun dalam kondisi apa saja harus tetap menunaikan ibadah sholat lima waktu.
Orang dalam keadaan sakit pun tidak boleh meninggalkan kewajiban sholat. Maka diberikan keringanan untuk bertayamum sebagai pengganti air wudhu dan pelaksanaan sholat bisa dilakukan dengan duduk maupun berbaring.

"Sholat merupakan amalan yang pertama kali dihisab oleh Allah maka tertibkanlah di dalam menjalankan kewajiban sholat lima waktu di awal waktu," ucapnya.

Tokoh agama yang biasa disapa Haji Eko tersebut juga mengajak untuk meningkatkan amalan sholat sunnah sebagai penyempurna ibadah sholat wajib. 

"Terutama sholat sunnah rawatib sebelum atau sesudah sholat fardu, sholat tahajjud dan sholat-sholat sunnah lainnya," pungkasnya. (emo).