Duel Antara Dua Saudara Sepupu Berujung Maut

Kategori Berita

.

Duel Antara Dua Saudara Sepupu Berujung Maut

Koran lensa pos
Senin, 15 Juni 2020

Dompu, Lensa Pos NTB - Entah apa yang merasuki kedua insan yang masih memiliki hubungan darah sebagai saudara sepupu ini. Keduanya berkelahi dan aakhirnya salah seorang harus kehilangan nyawa.
Insiden berdarah ini terjadi di Desa Mangge Asi Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB pada hari Jumat (12/6/2020) pukul 13.00 Wita (Ba'da Jumatan).
Adapun korban bernama Iskandar (35) alamat Dusun Saka Timur Desa Mangge Asi Kecamatan Dompu. Sedangkan terduga pelaku bernama S alias B (28) alamat Dusun Kala Timur Desa O'o Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.
Paur Subbag Humas Polres Dompu AIPTU Hujaifah mengungkapkan kronologis terjadinya perkelahian berujung pembunuhan itu berawal dari persoalan sepele.
Setelah Sholat Jumat, Iskandar (korban) pergi ke ladang pertanian menggunakan sepeda motor milik adiknya atas nama Nasrullah. Lokasi ladang korban berdekatan dengan ladang jagung dan ternak milik pelaku. Setibanya di ladang, korban ditegur oleh pelaku menggunakan bahasa daerah "Bune haba sa'e" (apa kabar kakak/abang). 
Lalu korban menjawab juga dalam bahasa daerah "wati pori bade ba nggomi haba nahu" (kamu tidak perlu mengetahui kabar saya).

Pelaku kemudian berkata "Biasa sa'e mada kan arimu (biasalah saya kan adikmu sendiri).

Adu mulut antara kedua saudara sepupu ini terus berlanjut. Akhirnya  orang tua pelaku atas nama Andur  Rasyid menegur keduanya dalam bahasa daerah "au cence mena kaimu" (Kenapa kalian cekcok).
Korban menjawab "biasa ana ndaiku"  (biasa lagi ngomong sama anak saya).
Kemudian orang tua pelaku menjawab  "itu bukan anakmu dia itu adikmu nanti kamu diketawain orang".
Korban menjawab "kurang ajar kamu berarti kamu yang ajarin anakmu yang tidak baik selama ini" kata korban sambil mendorong orang tua pelaku.
Tidak terima ayahnya didorong oleh korban, akhirnya pelaku naik pitam. Kemudian terjadi percekcokan antara korban dan pelaku.
Pelaku saat itu membawa sebilah Parang yang diselipkan di pinggang sebelah kiri.
Kemudian keduanya saling tantang untuk berduel dan akhirnya terjadi perkelahian antara korban dan pelaku.
Pada saat terjadi perkelahian tersebut pelaku langsung mengeluarkan parangnya dan langsung melakukan pembacokan ke bagian kepala dan tangan kiri kemudian menggorok leher korban sehingga nyaris putus. Akibatnya korban atas nama Iskandar itu meninggal dunia di TKP dekat kandang ayam milik pelaku S.

Sekitar Pukul 13.30 wita pelaku menyerahkan diri ke Mapolres Dompu dan memberitahukan kejadian pembunuhan kepada anggota Jaga Piket SPKT Polres Dompu. 

Sekitar pukul 14.10 wita anggota Polsek Dompu, anggota INAFIS Sat Reskrim Polres Dompu Tiba di TKP dan melakukan olah TKP. Setelah melakukan olah TKP, anggota mengevakuasi Korban MD ke RSUD Dompu untuk dilakukan autopsi  dengan menggunakan kendaraan Patroli Polsek Dompu. 

sekitar pukul 16.00 anggota Polsek Dompu, Anggota Resmob dan Anggota Opsnal Sat Intelkam Polres Dompu melakukan penjemputan terhadap pihak keluarga pelaku ke Polres Dompu untuk diamankan serta diminta keterangan terkait kasus pembunuhan tersebut. (AMIN).