Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pramuka 3 Saka di Manggelewa Gelar Persami

Minggu, 13 Oktober 2019 | 8:02 AM WIB Last Updated 2019-10-13T00:02:00Z

Upacara Bendera Pembukaan Persami di depan Kantor Kecamatan Manggelewa, Sabtu sore (12/10/2019)
Dompu, Lensa Pos NTB - Pramuka Satuan Karya (Saka) Kencana Manggelewa, kembali melaksanakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2019. Hadir pula dalam kegiatan tersebut anggota Pramuka Saka Wira Kartika binaan Koramil 06 Manggelewa dan Saka Bhayangkara binaan Polsek Manggelewa. Peserta Persami berjumlah sekitar 120 orang.

Kegiatan diawali dengan upacara bendera. Sebagai Pembina Upacara adalah Majelis Pembimbing (Mabi) Saka Kencana Kwartir Ranting Manggelewa, M. Irianto yang juga merupakan Kepala UPT KB Kecamatan Manggelewa.

Dalam sambutannya Irianto mengucapkan selamat datang kepada para anggota baru Saka Kencana Ranting Manggelewa dari pelajar SMA/SMK/MA se Kecamatan Manggelewa.

"Para anggota Pramuka Saka Kencana ini menjadi Konselor Sebaya atau Pendidik Sebaya di PIK R  (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) di sekolah masing-masing," ujarnya.

Ia berharap para anggota Saka Kencana yang baru dapat bergabung dengan para anggota lama dalam Penyuluhan Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) untuk menghindari terjadinya pernikahan di usia dini yang masih marak di Kecamatan Manggelewa, memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba, minuman keras (Miras), maupun penyuluhan untuk menghindari terjadinya Kenakalan Remaja di masing-masing PIK R.

Dengan demikian Anggota Saka Kencana dan Saka lain diharapkan memahami Konsep Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembinaan Keluarga (KKBPK) dan permasalahannya. 
Kepala DPPKB Kab. Dompu, Gatot Gunawan, M. Kes sedang memberikan materi kepada peserta Persami di Manggelewa, Sabtu malam (12/10/2019)
Malam hari kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan, S. KM., M. Kes.


Materi yang disampaikan tentang Peran Saka Kencana dalam Program KKBPK, tentang PUP, pencegahan bahaya narkoba, pencegahan pernikahan dini. Kadis juga menginformasikan tentang Program Pendataan Keluarga tahun 2020 atau yang lazim disebut PK'20. Pendataan Keluarga (PK) dalam program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) semacam Sensus Penduduk tetapi dilaksanakan 5 tahun sekali yang mulai dilaksanalan tahun 2015. (AMIN).
×
Berita Terbaru Update