Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kepala Badan POM Bima Ajak Masyarakat Cerdas Memilih Produk

Selasa, 11 Juni 2019 | 10:11 AM WIB Last Updated 2019-06-11T02:13:18Z
Yogi Abaso Mataram - Kepala BPOM di Kabupaten Bima
Bima, Lensa Pos NTB – Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Kabupaten Bima, Yogi Abaso Mataram mengajak masyarakat untuk cerdas memilik Produk Makanan dengan menggunakan aplikasi Cek Klik, Aplikasi ini untuk mengecek Kemasan, Label, Ijin Edar hingga Kedaluwarsa Produk. 
Aplikasi Cek BPOM
Menurut Yogi, banyaknya Produk Obat dan Makanan yang beredar di masyarakat harus dicek dengan teliti. Sebab penyalahgunaan obat dan makanan bisa saja terjadi. Pihaknya mengajak masyarakat mengecek sebelum membeli. “Konsumen cerdas itu pasti mengecek kemasan, label, izin edar, hingga mengecek kedaluwarsa yang ada di kemasan produk. Pengecekan tersebut dilakukan sebelum membeli produk obat dan makanan,” katanya kepada Lensa Pos NTB beberapa hari lalu.

Yogi menjelaskan, saat ini Badan POM telah meluncurkan Aplikasi bernama Cek BPOM, Aplikasi Cek BPOM berlaku untuk pengguna smartphone berbasis Android dan dapat diunduh melalui Google Play Store. "Dengan adanya aplikasi Check BPOM, masyarakat bisa mengecek langsung legalitas produk obat dan makanan. Tinggal masukkan merek atau nomornya, nanti bisa mengetahui secara langsung legalitas produk obat atau makanan yang akan dikonsumsi, apakah telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) atau tidak. Yogi berharap aplikasi Cek BPOM dapat membantu masyarakat mendapatkan informasi yang cukup terkait produk yang akan dikonsumsi. "Jika selama ini mengecek di website sulit, maka sekarang tinggal cek saja melalui  aplikasi  Cek  BPOM,"  ujarnya.

Selain itu tujuan peluncuran aplikasi Cek BPOM, sambung Yogi, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi sekaligus waspada terhadap produk yang akan dikonsumsi. Dengan adanya aplikasi Cek BPOM, masyarakat bisa mengecek langsung legalitas produk obat dan makanan, termasuk kosmetik.
Menurutnya, BPOM tak dapat mengecek semua produk. Sehingga masyarakat harus ikut aktif mengecek produk sebelum dikonsumsi. Terlebih ibu rumah tangga yang kerap membeli produk makanan dan obat untuk keluarganya bisa turut mengawasi. “Sangat penting mengecek produk. Mulai dari kemasannya tidak boleh rusak. Produk juga harus memiliki izin edar yang sesuai , termasuk cek tanggal kedaluwarsa makanan. Jika menemukan kejanggalan dengan produk yang akan dibeli bisa melaporkan di Badan BPOM terdekat, terang Yogi. (SUKUR)


×
Berita Terbaru Update