Wabup Dompu Sebut TMMD Wujud Kemanunggalan TNI, Pemda dan Masyarakat

Kategori Berita

.

Wabup Dompu Sebut TMMD Wujud Kemanunggalan TNI, Pemda dan Masyarakat

Koran lensa pos
Selasa, 11 Juni 2024
Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan menandatangani berita acara hasil program TMMD ke-120 di Kabupaten Dompu dalam Upacara Penutupan TMMD yang berlangsung di Lapangan Bola Desa Madaprama Kecamatan Woja, Jumat (7/6/2024) lalu


koranlensapos.com - Wakil Bupati Dompu, Syahrul Parsan menyebut program TNI Manunggal Membangun Desa adalah perwujudan dari kemanunggalan antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wabup dalam konferensi pers usai Upacara Penutupan TMMD ke-120 Kodim 1614/Dompu yang berlangsung di Lapangan Bola Desa Madaprama Kecamatan Woja, Jumat (7/6/2024).

"Yang utama dari program TMMD adalah kolaborasi dan kemanunggalan antara TNI, Pemda dengan masyarakat," ucapnya.


Selanjutnya Wabup menegaskan agar hasil kegiatan TMMD selama sebulan (8 Mei - 6 Juni 2024,red) agar dapat dirawat dengan sebaik-baiknya supaya bisa bermanfaat secara optimal dalam jangka waktu yang lama.

"Apapun hasil yang telah dilaksanakan diharapkan pemerintah dan masyarakat bisa merawat dan memelihara apa yang telah dibangun. Jangan biarkan tersia-sia apa yang telah dibangun oleh TNI bersama masyarakat," tegasnya.

Menurutnya perawatan dan pemeliharaan bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemda, namun masyarakat juga harus mengambil peran.

"Harus sama-sama. Bukan hanya pemerintah yang melakukan pemeliharaan tapi masyarakat juga. Masyarakat juga diharapkan menjaga. Jangan sampai saluran dijadikan tempat pembuangan sampah. Begitupun dengan pembersihan kali, masyarakat jangan sampai membuang sampah di aliran sungai karena akan menghambat alirannya dan akan terjadi banjir dan menjadikan daerah kita kumuh," pintanya.


Selanjutnya Wabup berharap agar program yang dulu bernama ABRI Masuk Desa (AMD) ini masih tetap berlanjut. 

"Masih banyak yang membutuhkan secara bergiliran di kecamatan lain. 

Sebelumnya, Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Hartono mengemukakan program TMMD bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka setelah hasil TMMD diserahkan kembali kepada pemerintah daerah agar dapat ditindaklanjuti dan ditingkatkan lagi agar bisa bermanfaat secara optimal. Kasdam juga meminta masyarakat penerima manfaat program TMMD agar dapat merawat serta menjaga dengan baik semua hasil pembangunan yang dilaksanakan dalam program TMMD agar penggunaannya bisa awet (tahan lama). (emo).