Prancis Hibahkan Dana 8,8 M untuk Pengelolaan Kawasan Konservasi Hiu Paus di Teluk Saleh

Kategori Berita

.

Prancis Hibahkan Dana 8,8 M untuk Pengelolaan Kawasan Konservasi Hiu Paus di Teluk Saleh

Koran lensa pos
Senin, 24 Juni 2024
Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Mr. Febian Penone



koranlensapos.com - Pemerintah Negara Prancis melalui Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Febien Penone memberikan bantuan pendanaan hibah global senilai 500.000 Euro atau sekitar Rp. 8,8 Miliar untuk pengelolaan kawasan konservasi perairan berbasis Hiu Paus di Teluk Saleh Kabupaten Dompu Pulau Sumbawa NTB.

Dubes Febien Penone dalam sambutannya, Negara Prancis menyambut baik pembentukan kawasan konservasi berbasis Hiu Paus di Teluk Saleh, Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. 

Menurutnya, hal ini sejalan dengan komitmen Internasional untuk melindungi setidaknya 30 persen lautan global pada tahun 2030.

Dari kiri ke kanan : Mr. Jules Irrmann Konselor Kerjasama Kebudayaan dan Direktur Institut Prancis di Indonesia, M. Syafii (Ketua HINSI Kabupaten Dompu) Mr. Thierry Goubier dari IFI Ambassador dan Ir. Moh Iksan, M.Si Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Dompu. 
"Prancis sangat mendorong pembentukan kawasan konservasi perairan dan pengembangan Ekowisata di Wilayah Teluk Saleh Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat," kata Febien yang juga merangkap sebagai Duta Besar Prancis di Negara Timor Leste dan ASEAN itu.

Penandatanganan dokumen hibah Prancis tersebut dilaksanakan di Auditorium Institut Prancis Jln, Thamrin Jakarta pada tanggal, 19 Mei 2024.
Usai penandatanganan perjanjian hibah dilanjutkan Talk Show bertajuk "Development of Whale Shark~Based Marine Protected Area (MPA) and Local Community Livelihoods in Saleh Bay ( Pengembangan MPA berbasis Hiu Paus dan Matapencaharian Masyarakat Setempat di Teluk Saleh ).

Adapun partisipan yang hadir di acara tersebut antara lain Duta Besar Prancis, Direktur Institut Prancis dan konselor serta atasenya, British Embassy, European Union, World Bank, Asian Development Bank, Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diwakili oleh para Dirjennya, PJ Gubernur NTB, Kadis DKP Provinsi NTB, Bupati Dompu H. Kader Jaelani, Sekretaris DKP Kabupaten Dompu Muhammad Iksan, Ketua DPC HNSI Kabupaten Dompu, Muhammad Syafii,  Asisten satu Setda kabupaten Sumbawa, perwakilan dari NGOs Nasional dan Internasional antara lain ; USAID Amerika, WCS Amerika, Reef Cheek, WWF, Yayasan Kehati dan lain-lain. (*).